Mahasiswa KKN-T UNISRI Beri Pendampingan UMKM Desa Semin dan Pemberian Inovasi Pengemasan Produk

Print Friendly and PDF

Vicha Aprillia Setiasari saat memberi pendampingan inovasi pengemasan produk UMKM.

Mahasiswa KKN-T UNISRI Beri Pendampingan UMKM Desa Semin dan Pemberian Inovasi Pengemasan Produk

Wonogiri- majalahlarise.com -Pada masa pandemi ini banyak orang mengalami kesulitan dalam mendaptkan penghasilan termasuk pada UMKM. Terlebih adanya  PPKM darurat yang menyebabkan usaha yang tutup karena kurangnya konsumen yang membeli. Meski pemerintah telah memberi beberapa bantuan berupa sembako maupun uang tapi tidak semua masyarakat desa mendapatkan bantuan tersebut. Jadi pengembangan UMKM dalam desa sangatlah diperlukan untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat.

Hal ini memunculkan ide dari salah satu mahasiswa KKN-Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka UNISRI 2021 yaitu Vicha Aprillia Setiasari dari kelompok 13 dengan DPL Dr. Sri Handayani, S.Pd, M.Hum melakukan pendampingan pada UMKM  Desa Semin serta memberikan inovasi pengemasan agar produk layak dijual di pasaran. Jum'at (6/8/2021).

Salah satu produk UMKM di Dusun Ngasem, Desa Semin, Kecamatan Nguntoronadi, Wonogiri ialah Lempeng. Lempeng merupakan cemilan sederhana yang berbahan dasar sepe (singkong),  yang memiliki rasa gurih dan renyah. Biasanya penjualan Lempeng tidak memiliki kemasan yang menarik. Orang yang beli cuma tetangga saja, jadi kemasan hanya ditali per 10 biji.

Menurut pemilik Mbah Saminem bahwa ide dari Vicha Aprillia Setiasari untuk memberi inovasi pengemasan layak dijual belikan secara luas, yaitu dengan cara memberikan label atau logo usaha UMKM dan melakukan pendampingan pengemasan menggunakan plastik sehingga lebih layak dan efektif untuk diperjual belikan.

"Pendampingan ini diharapkan mampu menarik daya beli konsumen untuk membeli produk UMKM dari desa Semin. Tidak hanya UMKM milik Mbah Saminem tapi juga UMKM lainnya," harap Vicha Aprillia Setiasari. (Sofyan)


Baca juga: KKNT Unisri Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Membangun Personal Branding



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top