FAKTOR PENYEBAB KURANGNYA MINAT PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMP NEGERI 1 PARIGI

Print Friendly and PDF

FAKTOR PENYEBAB KURANGNYA MINAT PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMP NEGERI 1  PARIGI

Oleh: Entin Rostini, S.Pd

Guru Mapel Bahasa Inggris SMP Negeri 1 Parigi Pangandaran, Jawa Barat


Entin Rostini, S.Pd


       Bahasa Inggris merupakan bahasa yang memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, emosional siswa dan merupakan kunci penentu keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Di era globalisasi sekarang ini siswa dituntun untuk mempunyai kemampuan berbahasa inggris agar mampu bersaing di dunia kerja nantinya. Pada kenyataannya masih banyak siswa yang mengalami hambatan dalam menerima pelajaran Bahasa Inggris, siswa yang kurang begitu paham dan lamban dalam belajar Bahasa Inggris, dan kurangnya minat belajar siswa untuk belajar Bahasa Inggris. Tidak hanya itu, guru juga mengalami beberapa kesulitan dan kendala ketika mengajar di dalam kelas. 

      Dengan adanya permasalahan di atas maka perlu dicari solusi pemecahan masalah, agar kedepannya para siswa mempunyai minat belajar dan juga para guru dapat mengajar dengan lebih baik di dalam kelas. Masih banyak siswa yang tidak menyukai mata pelajaran Bahasa Inggris, dikarenakan minimnya kosa kata Bahasa Inggris yang dimiliki oleh siswa dan aturan-aturan dalam Bahasa Inggris yang dirasa sulit bagi siswa, untuk itu alternatif pemecahannya untuk membantu kesulitan siswa tersebut  yaitu diupayakan dengan adanya motivasi belajar dari guru, serta dengan adanya bimbingan yang tepat dan teratur, metode pembelajaran yang bervariasi juga dapat menimbulkan minat siswa dalam belajar Bahasa Inggris.

       Selama ini proses pembelajaran kebanyakan masih menggunakan paradigma yang lama. Guru memberikan pengetahuan kepada siswa yang pasif, guru mengajar dengan metode konvensional yaitu metode ceramah dan mengharapkan siswa duduk, diam, dengar, catat dan hafal (3DCH) sehingga kegiatan pembelajaran menjadi monoton dan kurang menarik perhatian siswa. Akibatnya nilai akhir yang dicapai tidak seperti yang diharapkan.

       Minat ialah watak yang relatif menetap pada diri seseorang. sehingga kita hendak menciptakan minat yang besar pada siswa tertentu pada pendidikan tertentu, sebaliknya ada minat yang rendah pada siswa tertentu pada pendidikan tertentu pula (syah;2011). Ada dua faktor dalam mempengaruhi minat belajar siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah unsur-unsur yang berasal dari dalam diri siswa seperti kesehatan fisik, dorongan gairah dan kemampuan menggenggam. Pengaruh eksternal adalah pengaruh orang tua guru, gaya belajar dll.(sudjana,2009). Meningkatnya minat belajar siswa guru dapat melakukan tindakan dengan unsur-unsur tersebut dan memberikan solusi yang dapat ditingkatkan dengan kebutuhan siswa.

       Untuk meningkatkan minat belajar peserta didik, guru bisa menggunakan berbagai model pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik. Banyak sekali model pembelajaran yang inovatif yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik yang rendah dan merangsang peserta didik berfikir kritis dan tingkat tinggi untuk memiliki kreativitas dalam pemecahan masalah. Dari itu guru sebagai pendidik harus bisa membimbing siswanya, sehingga minat yang ada pada diri siswa dapat muncul dan berkembang.



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top