Eksplorasi Ruang Publik Kota Solo, Mahasiswa DKV ISI Surakarta Peringati Hari Lahir Pancasila

Print Friendly and PDF

 

Himpunan Mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta ini menuangkan ekspresinya seputar tema Pancasila sebagai dasar negara bangsa Indonesia.

Eksplorasi Ruang Publik Kota Solo, Mahasiswa DKV ISI Surakarta Peringati Hari Lahir Pancasila

Solo- majalahlarise.com -Pedesterian Ngarsopuro menjadi lokasi dalam berekspresi kolaboasi seni rupa dan musik etnik dalam menyambut peringatan Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni,  dimana untuk aksi seni rupa lewat media triplek ukuran besar dilakukan dengan iringan musik etnik Gambus Pepetik dari Kepulauan Tanimbar, Maluku.

Aksi Kolaborasi Seni Rupa X Musik Etnik Kepulauan Tanimbar, Maluku menjadi tajuk nama event tersebut yang diinisiasi oleh Komunikotavisual dan HIMADKVISKA ini diharapkan sebagai media alternatif untuk mengingatkan kepada semua elemen anak bangsa selalu menjaga dan meneladani Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Diiringi suara nyanyian dan petikan musik etnik Gambus Pepetik yang dimainkan oleh Lukas Angwarmase, warga Perum Solo Elok, Mojosongo, Jebres yang asli berasal dari Kepulauan Tanimbar, Maluku mengiringi goresan kuas belasan mahasiswa yang tergabung HIMADKVISKA dalam berkarya di media triplek berukuran besar.


Baca juga: SD Muhammadiyah PK Kottabarat Donasikan 39 Juta Rupiah untuk Palestina

Event kreatif yang diselenggarakan di lokasi pojok Ngarsopuro, Slamet Riyadi, Solo pada Senin (31/5/2021), juga memberi kesempatan warga masyarakat untuk ikut beraksi dengan cap tangan sebagai dukungan peringatan hari lahirnya Pancasila ini.

Media triplek yang berjumlah 2 (dua) buah menjadi kanvas besar bagi belasan mahasiswa yang tergabung sebagai Himpunan Mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta ini menuangkan ekspresinya seputar tema Pancasila sebagai dasar negara bangsa Indonesia.

Basnendar H, selaku co founder Komunikotavisual menjelaskan bahwa kegiatan sebagai project ke-35 dari Komunikotavisual berupa aksi di ruang publik ini sebagai media alternatif di kota Solo, juga memberi semangat optimisme untuk masyarakat dalam menyikapi wabah pandemi melaui kebersaamaan dan bersatu sesuai dalam Pancasila sebagai dasar bangsa dan negara.

Selain itu, Khalifatur Ahmad Faris selaku ketua HIMADKVISKA menjelaskan bahwa event ini berharap dapat menumbuhkan kembali ingatan akan Pancasila di kalangan millenial melalui aksi positif di pusat kota Solo ini. (Sofyan)


Baca juga: Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Univet Bantara Gelar Workshop dan Lomba Periklanan Media Sosial


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top