Kunjungan Pengelola Perpustakaan Chairil Anwar SMAN 1 Manyaran ke Perpustakaan SMAN 3 Salatiga

Print Friendly and PDF

Pengelola Perpustakaan dan kepala SMAN 1 Manyaran saat foto bersama di Perpustakaan SMAN 3 Salatiga.


Kunjungan Pengelola Perpustakaan Chairil Anwar SMAN 1 Manyaran ke Perpustakaan SMAN 3 Salatiga

Wonogiri- majalahlarise.com –Pengelola perpustakaan Chairil Anwar SMAN 1 Manyaran ke Perpustakaan SMAN 3 Salatiga. Kunjungan ini bertujuan untuk membantu pelaksanaan  pengembangan pengelolaan sistem dan manajemen perpustakaan, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan. Kamis (25/3/2021).

Kepala Perpustakaan SMAN 1 Manyaran, Sutanti, S.Pd saat dikonfirmasi menjelaskan kunjungan ini diikuti empat sekolah yaitu SMA Negeri 1 Sragen, SMA Negeri 1 Sumber lawang, SMA Negeri 1 Tangen dan SMA Negeri 1 Manyaran. 

“Selama kunjungan, kami mendapatkan gambaran umum perpustakaan di SMA Negeri 3 Salatiga yaitu pengelolaan koleksi buku di perpustakaan SMA Negeri 3 Salatiga memakai sistem klasifikasi DDC menggunakan aplikasi SLIMS atau Senayan sehingga pengelolaan sudah menggunakan teknologi secara digital,” terangnya.

Kepala SMAN 1 Manyaran, Dra. Harmini, M.Si saat menyerahkan kenang-kenangan kepada Kepala SMAN 3 Salatiga.

Lebih lanjut dijelaskan, Sumber Daya Manusia di perpustakaan SMA Negeri 3 Salatiga dikelola oleh 1 orang Kepala perpustakaan, 1 orang teknisi,  2 orang   pustakawan dan 2 orang anggota pustakawan. Sedangkan untuk Informasi dan Teknologi, seluruh sistem perpustakaan sudah menggunakan IT yang canggih yang dapat diakses oleh sekolah kemitraan dan dapat juga mengakses informasi dari iperpusnas.  

“Untuk Otomasi perpustakaan yang dilakukan yakni menjalin kerjasama dengan tehnisi/ perusahaan. Melengkapi sarana dan prasarana. Input data buku dan anggota (kepala sekolah, guru dan karyawan). Memperluas jaringan. Kembali ke data,” tuturnya.

Dalam kegiatan itu, juga dilaksanakan penyerahan kenang-kenangan dari SMA Negeri 1 Manyaran kepada SMA Negeri 3 Salatiga yang diserahkan oleh kepala SMA Negeri 1 Manyaran, Dra. Harmini, M.Si. (Sofyan)

 



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top