Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unisri Gelar Pengabdian Masyarakat di YPAC Surakarta

Print Friendly and PDF

 

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unisri saat membimbing menanam tanaman sistem hidroponik pada anak-anak YPAC.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unisri
Gelar Pengabdian Masyarakat di YPAC Surakarta

Solo- majalahlarise.com -Mahasiswa mempunyai peran besar dalam membangun  masyarakat. Salah satunya melalui Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M).

Atas dasar itulah tim PKM-M Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unisri dari prodi Akuntansi dan Manajemen yang terdiri dari Gabriella Arsani Linggom Silalahi (Akuntansi), Maishela Pramudita (Akuntansi), Hana Mega Sari (Manajemen), Yudha Prosto Skenoma (Manajemen), dan Zain Urfuthoh Al Azhar (Akuntansi), melakukan pengabdian masyarakat di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Surakarta.

Gabriella Arsani Linggom Silalahi selaku ketua PKM-M, Kamis (10/12/2020) di Ruang Humas mengatakan kegiatan yang dilakukan berupa Program Pendampingan Model Pembelajaran Untuk Anak  Difabel Melalui Media Tanam Hidroponik. Kegiatan disambut baik oleh pengelola maupun anak-anak YPAC.


Baca juga: Himagiri UNS dengan Bintang Timur Foundation (BTF) Lakukan Reboisasi di  Gunung Brojo Purwantoro

"Pengabdian  kami lakukan selama tiga bulan. Mulai Oktober sampai dengan Desember. Bertujuan meningkatkan kemampuan syaraf motorik anak-anak difabel dan meningkatkan kecerdasan dalam bercocok tanam melalui media Hidroponik untuk tanaman kangkung dan sawi," ungkapnya.

Lebih lanjut, Grabriella, memaparkan sistem hidroponik yang digunakan adalah sistem Nutrient Film Technique (NFT). Dengan pertimbangan karena kebutuhan air yang tercukupi, keseragaman serta tingkat konsentrasi nutrisi dapat disesuaikan dengan umur dan jenis tanaman.

"Tanaman dapat tumbuh lebih cepat. Setelah 1 minggu, bibit kangkung dan sawi yang berada dalam pipa hidroponik siap dipanen. Kami sudah dua kali memanen bersama anak-anak YPAC, " ungkapnya dengan penuh rasa syukur dan bahagia.

Dari kegiatan ini tim PKM-M berharap anak-anak difabel dapat memahami dan mengerti serta mempraktekan ilmu yang telah diajarkan, sehingga bermanfaat dan menjadi bekal bagi masa depan mereka. (Sofyan)


Baca juga: Majukan Pendidikan Vokasi, UNS Tanda Tangani MoU dengan Yayasan Pendidikan Pancasila



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top