SMKN 4 Surakarta Gelar Ekstrakurikuler Jurnalistik Perdana Secara Daring

Print Friendly and PDF

 

Tampilan layar slide materi ekstrakurikuler jurnalistik SMKN 4 Surakarta.

SMKN 4 Surakarta Gelar Ekstrakurikuler Jurnalistik Perdana Secara Daring

Solo- majalahlarise.com -SMK Negeri 4 Surakarta melaksanakan ekstrakurikuler jurnalistik perdana secara daring melalui aplikasi Whatsapp mengadirkan narasumber Sofyan Yuli Antonius, S.Sos (Pengelola majalahlarise.com , jurnalis dan praktisi komunikasi). Diikuti siswa kelas X. Sabtu (19/9/2020).

Guru Pembina ekstrakurikuler jurnalistik, Anita Vika Sugiharti, S.Pd mengatakan tujuan diselenggarakannya ekstrakurikuler jurnalistik sebagai media informasi profil dan prestasi sekolah. Menampung kreativitas masing-masing siswa yang tujuan jangka panjang ke depannya adalah menampung karya jurnalistik dalam media cetak majalah sekolah (Sparta Channel).

"Menjadi wadah bagi siswa- siswi SMKN 4 Surakarta untuk menyalurkan bakat dan kemampuannya maupun kreativitasnya di bidang seni menulis maupun fotografi. Selain itu, sebagai sarana bagi para siswa SMKN 4 Surakarta untuk berlatih berorganisasi, bekerjasama dan bertanggungjawab," tuturnya.


Baca juga: Guru SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Prestasi Gemilang Kancah Nasional, Di Tengah Pandemi Covid-19


Lebih lanjut, wanita yang akrab disapa bu Vika ini menyampaikan kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik diadakan setiap hari Sabtu pukul 10.00 - 11.00 WIB melalui daring grup Whatsaap.

" Visi dan misi ekstrakurikuler jurnalistik di SMKN 4 Surakarta adalah mewujudkan ekstrakurikuler yang dapat menambah wawasan baru di bidang jurnalistik. Menjadikan ekskul jurnalistik sebagai wadah penyebaran ilmu pengetahuan sekaligus jalan dakwah kebenaran sesuai dengan kode etik jurnalistik dan Menyiapkan kemampuan jurnalistik siswa sebagai bekal hidup di lingkungan sekolah maupun masyarakat," jelasnya.

Baca juga: Manfaatkan Limbah Jelantah, PKM Univet Tingkatkan Ketrampilan Anak Anak Desa Siwal 


Sementara itu, dalam pemaparan materi, narasumber Sofyan Yuli Antonius, S.Sos menjelaskan tentang pengertian jurnalistik dari pendapat dari para ahli, produk jurnalistik, dan wartawan atau jurnalis beserta tugasnya.

"Pengertian Wartawan atau jurnalis atau pewarta adalah seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik atau orang yang secara teratur menuliskan berita (berupa laporan) dan tulisannya dikirimkan/dimuat di media massa secara teratur. Laporan ini lalu dapat dipublikasi dalam media massa, seperti koran, televisi, radio, majalah, film dokumentasi, dan internet. Wartawan mencari sumber mereka untuk ditulis dalam laporannya; dan mereka diharapkan untuk menulis laporan yang paling objektif dan tidak memiliki pandangan dari sudut tertentu untuk melayani masyarakat," paparnya. (Inn)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top