SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Gelar Perlombaan dan Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia Secara Virtual

Print Friendly and PDF

Konser Merah Putih yang digelar secara virtual live streaming di youtube PK TV smpmuhpksolo. 

SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Gelar Perlombaan dan Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia Secara Virtual

Solo- majalahlarise.com -Ragam kegiatan secara virtual digelar SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta dalam memperingati Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia. Kegiatan tersebut berupa perlombaan yang digelar pada Sabtu (15/8) dan pentas seni yang bertajuk Konser Merah Putih pada Selasa (18/8).

Heru Hadiyono selaku Wakasek Kesiswaan menyampaikan memang kegiatan pada tahun ini digelar berbeda dengan tahun sebelumnya karena suasana masih pandemi dan para siswa sedang belajar dari rumah.

“Perayaan Hari Kemerdekaan di sekolah menyesuaikan situasi dan kondisi. Tujuannya masih sama seperti tahun sebelumnya yakni untuk mengajak kepada para siswa memaknai secara mendalam perjuangan para pahlawan dalam berjuang mewujudkan kemerdekaan,” ungkap Heru kepada media. Selasa (18/8/2020).

Baca juga: Bu Mursiyem

Heru Hadiyono juga menambahkan pemaknaan terhadap nilai kejuangan tersebut diwujudkan dalam kegiatan perlombaan seperti membaca teks proklamasi, menulis puisi kemerdekaan, menyanyi lagu wajib nasional, lomba desain poster, story telling cerita rakyat, dan lomba cerdas cermat (kuis). Kesemua lomba tersebut digelar secara virtual dengan melibatkan peserta siswa kelas 7, 8, dan 9 yang berjumlah 271 siswa.

Terlihat anak-anak antusias dalam mengikuti setiap perlombaan. Peserta lomba merekam kemampuan dalam membaca teks proklamasi, menyanyi, dan story telling dari rumah masing-masing dalam video berdurasi 5-8 menit. Karya video dikirim ke panitia melalui e-mail untuk dinilai dewan juri. Karya yang terbaik akan diupload di media sosial sekolah yakni youtube PK TV.

Baca juga: SD Muhammadiyah PK Kottabarat Gelar Pentas Virtual Peringati Kemerdekaan Indonesia

Begitu pula perlombaan menulis puisi, para siswa mengirim tulisan melalui email dan karya yang terbaik akan didokumentasikan sekolah.

Adlyn Filzah Izzati selaku ketua IPM menyampaikan bahwa pengumuman kejuaraan lomba akan disampaikan dalam konser Merah Putih pada Selasa (18/8) yang digelar secara virtual live streaming di youtube PK TV smpmuhpksolo.

“Pastinya beda dari tahun sebelumnya, biasanya ketemu langsung sedangkan sekarang belum bisa. Walaupun kondisi berbeda, tetapi ada tantangan dan tetap semangat. Acara tersebut akan diisi dengan penampilan siswa berupa pembacaan puisi, musikalisasi puisi, penampilan musik band, dan sebagainya,” tandasnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top