Prodi Bimbingan dan Konseling FKIP Univet Gelar Webinar Nasional, Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling Berbasis Daring

Print Friendly and PDF

Ketua pelaksana sekaligus Kaprodi BK, Drs. Bambang Susanto, M.Pd, Kons menyampaikan laporan kegiatan webinar nasional.

Prodi Bimbingan dan Konseling FKIP Univet Gelar Webinar Nasional, Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling Berbasis Daring

Sukoharjo- majalahlarise.com -Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo menyelenggarakan Webinar Nasional mengangkat tema Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling Berbasis Daring dengan menghadirkan narasumber Mulawarman, Ph.D (Dosen Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang), Dra. Sri Muji Wahyuti, M.Pd, Kons (Praktisi Bimbingan dan Konseling SMK Negeri 2 Karanganyar). Muhammad Arief Maulana, M.Pd (Sekretaris BPK FKIP Universitas Veteran Bantara Sukoharjo). Jumat (28/8/2020).

Ketua pelaksana sekaligus Kaprodi BK, Drs. Bambang Susanto, M.Pd, Kons menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dilatarbelakangi pemikiran saat ini sudah masuk era yang disebut era ketidakpastian atau distruktif dan dalam situasi pendemi covid-19. Maka layanan bimbingan dan konseling senantiasa harus beradaptasi dengan perubahan yang terjadi saat ini.



“Melalui seminar ini berharap akan ditemukan suatu formula atau rumusan yang baik khususnya strategi layanan bimbingan dan konseling yang sesuai dengan kondisi saat ini,” terangnya.

Baca juga: Univet Beri Penghargaan Satya Lencana Karya Bakti Kepada Dosen dan Karyawan

Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan ini diikuti kurang lebih 250 peserta yang terdiri para dosen di lingkungan perguruan tinggi Surakarta maupun Jawa Tengah pada umumnya juga para praktisi bimbingan konseling, para guru bimbingan dan konseling dan calon guru bimbingan dan konseling.

Sementara itu, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Drs. Toni Harsan, MH dalam sambutan sekaligus membuka acara webinar mengatakan para narasumber bisa menularkan ilmunya memberikan trik-trik bagaimana melakukan konseling dan bagaimana membentuk, membuat aplikasi untuk keperluan layanan online.

“Sehingga mereka yang malu berkonsultasi jadi tidak malu.Sebab saat ini masih ada stigma dan kesan anak dipanggil ke BK itu anak nakal. Kesannya selama ini guru BK itu semacam polisi padahal guru BK bukan polisi maka dihilangkan stigma itu,” jelasnya.

Baca juga: KKN Unisri Latih Membuat dan Memasarkan Face Shield,  Nuget Jantung Pisang dan Canangkan Gemas

Kemudian, Toni Harsan menerangkan orang yang masuk BK tidak harus orang yang bermasalah secara sosial tetapi konsultasi ingin berprestasi.

“Ini tugas bapak ibu merubah stigma tersebut bahwa BK itu lembaga konsultasi untuk mengembangkan kepribadian, bakat, minat supaya lebih optimal,” tuturnya.



Dalam pemaparan materi webinar, narasumber Mulawarman, Ph.D menyampaikan materi tentang strategi layanan bimbingan konseling berbasis daring atau online pada masa adaptasi kebiasaan baru. Dra. Sri Muji Wahyuti, M.Pd, Kons menjelaskan layanan bimbingan dan konseling melalui daring. Muhammad Arief Maulana, M.Pd memaparkan materi strategi pelaksanaan PPL bimbingan konseling melalui daring. (Sofyan)




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top