KKN Unisri Sosialisasi Pencegahan Covid-19 dan Pendampingan Usaha Rumahan

Print Friendly and PDF

Mahasiswa KKN Unisri saat melakukan sosialisasi dan pendampingan usaha rumahan warga.

KKN Unisri Sosialisasi Pencegahan Covid-19 dan Pendampingan Usaha Rumahan

Sragen- majalahlarise.com -Berbagai kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat dan sosialisasi pencegahan pandemi covid-19 dilaksanakan peserta KKN Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta.  Seperti di desa Sepat, Sragen, dilaksanakan pendampingan budidaya jamur tiram oleh Aldi Saputra.

"Pendampingan kami lakukan mulai dari pembuatan tempat jamur tiram, membantu perawatan dan pemanenan, pengepakan sampai pemasaran secara online," ucapnya.

Sedangkan di desa Pojok, Nogosari, Boyolali, Ade Ira Fenni Tamaya, mengembangkan inovasi produk singkong yang semula hanya diolah menjadi gaplek menjadi KEPO (Keripik Pohung).

Baca juga: KKN Bali Ndeso, Ririn Mahasiswa Unisri Latih Warga Bikin Hand Soap

"Saya bangga berada di desa ini. Warga antusias, mengikuti pendampingan pembuatan Kepo dalam berbagai rasa, agar meningkatkan nilai jual," paparnya.

Di tempat lain, KKN Grup 08, Pebri Setiawan (Bimbingan Konseling), Virda Laily Rahmawati (Pendidikan Bahasa Inggris), Yosifya Nike Sarwoko (Pendidikan Bahasa Inggris), Indah Nur Syaraswati (Pendidikan Bahasa Inggris) dan Nathasa Karinnina (Ilmu Hukum) melakukan KKN di Kelurahan Manyarejo, Plupuh, Sragen.

Baca juga: KKN Unisri Gelar Pelatihan Pembuatan Oleh-Oleh Khas Desa, Bunga Plastik, Nugget Ayam dan Berkebun Organik

Aktivitas yang dilakukan diantaranya sosisalisasi Covid-19 dan protokol kesehatan secara door to door, pembuatan wadah cuci tangan untuk dibagikan ke tempat umum dan bhakti sosial untuk membantu warga yang kekurangan secara finansial di desa Jatirogo dan Mundungrejo.

Di lokasi terpisah, Bela Yulia Pradita dengan DPL, Ulupi Sitoresmi, SS, M.Hum mengenalkan teknik Marketing Online kepada para ibu rumah tangga di lingkungan Rt 03/04 desa Giren, Kartosuro yang memiliki usaha membuat produk kripik pepaya.

"Kegiatan diawali dengan pengenalan sampai penggunaan market place diaplikasi facebook untuk menawarkan dan menjual produk keripik pepaya. Diharapkan pemanfaatan media sosial ini bisa meningkatkan produktivitas ibu rumah tangga dalam mengembangkan usahanya," paparnya.

Baca juga: KKN Unisri Branding Makanan Khas Wonogiri Thiwul, Tempe, Ampyang dan Sosialisasikan Pembukuan Usaha

KKN grup 6 yang terdiri dari Azizah Rahmawati dari prodi Akuntansi, Cahyo Eko Prasetyo, Christovani Kusuma Nugraheni, Lina Zakiya, Luckystan Ningrum Saputri, Sri Asih dan Hanung Susilo Pramono dari prodi manajemen, dengan DPL,  Djoko Kristianto, SE, MSi, mengadakan sosialisasi pentingnya new normal dan membuat setup roti tawar beserta cara pemasarannya bagi ibu rumah tangga di desa Cangakan, Bendo, Sukodono, Sragen.

"Setup roti tawar maupun roti tawar itu sendiri memiliki manfaat untuk memenuhi kebutuhan dan menambah energi pada saat beraktivitas, sangat baik bagi kesehatan tulang, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan kulit, dan manfaat yang lainnya," ungkap Azizah Rahmawati. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top