Dinas Perdagangan Koperasi UKM Kabupaten Sukoharjo Gelar Diklat Akuntansi Koperasi

Print Friendly and PDF

 

Diklat Akuntansi Koperasi diselenggarakan oleh Dinas Perdagangan Koperasi UKM Kabupaten Sukoharjo


Dinas Perdagangan Koperasi UKM Kabupaten Sukoharjo Gelar Diklat Akuntansi Koperasi

Sukoharjo- majalahlarise.com -Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang akuntansi,  Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukoharjo menyelenggarakan Pelatihan Akuntansi Koperasi bagi 30 pengelola dan pengurus koperasi, Selasa (11/8/2020) bertempat di Rumah Makan Soto Ayam Pak Harto Sukoharjo.

Pelatihan menghadirkan narasumber  dari Kantor Akuntan Publik (KAP) Wartono dan Rekan dan Kantor Jasa Akuntan (KJA)  Dewi Astutie.

"Laporan keuangan koperasi harus disusun  berdasarkan  SAK-ETAP," ungkap Dewi Puji Astuti, SE, Msi, Ak, CA dari KJA Dewi Astutie.

Baca Juga: KKN Unisri Grup 5 Sosialisasi Cegah Berita Hoax,  E-Commerce dan Pembukuan Untuk UMKM

Lebih lanjut, Dewi Puji Astuti, yang juga Kaprodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta,  memaparkan Laporan Keuangan Koperasi pada dasarnya sama dengan Laporan keuangan Badan Usaha  lainnya non Koperasi.  Akun-akun dalam Laporan keuangan sangat dipengaruhi oleh Bidang Usaha dan karakteristik transaksinya,  yang sedikit berbeda adalah pada aspek  Jati Diri  Koperasi  yang tercermin dalam Prinsip Koperasi.

"Laporan keuangan koperasi sekurang-kurangnya terdiri dari Neraca, Laporan Perhitungan Hasil Usaha, Catatan atas laporan keuangan, Laporan perubahan ekuitas (modal), dan Laporan arus kas," tandasnya.

Baca Juga: KKN Unisri Lakukan Edukasi Pencegahan Covid-19 Di Desa Ngijo

Untuk menghasilkan laporan keuangan koperasi harus menggunakan dasar akrual kecuali laporan arus kas. Dasar akrual mensyaratkan pencatatan akuntansi berdasarkan terjadinya transaksi keuangan tersebut walaupun nilai uangnya belum diterima.

"Sebaliknya dengan dasar kas maka transaksi keuangan dicatat pada saat kas benar-benar diterima seperti dalam laporan arus kas," pungkasnya (Sofyan)

Baca Juga: Bu Mursiyem Pedagang Bubur Kacang Ijo Timur Perempatan Purwosari Solo, Sabar Kunci Kelancaran Rejeki


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top