Angkat Sumpah Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia Progdi Kesehatan Masyarakat Univet Bantara Sukoharjo

Print Friendly and PDF

Ketua IAKMI Pengurus Daerah Jawa Tengah, Taufik Kurrachman saat mengangkat sumpah Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia. 

Angkat Sumpah Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia Progdi Kesehatan Masyarakat Univet Bantara Sukoharjo

Sukoharjo-majalahlarise.com-Sebanyak 54 Mahasiswa program studi Kesehatan Masyarakat FKM Univet Bantara Sukoharjo diangkat sumpah profesi ahli kesehatan masyarakat oleh Ketua  Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Pengurus Daerah Jawa Tengah,  Kamis (28/3/2019) bertempat di Aula Gedung H Lantai 3 kampus setempat.

Wakil Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Wartini, S.K.M, M.Sc dalam sambutan usai acara angkat sumpah menyampaikan sumpah ahli kesehatan masyarakat merupakan salah satu syarat mendapatkan Surat Tanda Regestrasi (STR) bagi tenaga kesehatan masyarakat digunakan mencari pekerjaan.

"Sesuai yang diamanatkan undang-undang bahwa berkiprah dalam profesi kesehatan memiliki STR," terangnya.

Sementara itu, Ketua IAKMI Pengurus Daerah Jawa Tengah, Taufik Kurrachman mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang telah diangkat sumpah ahli kesehatan Indonesia. Sebab sumpah ini merupakan salah satu syarat mengajukan untuk mendapatkan Surat Tanda Registrasi.

Selain itu pihaknya juga menyampaikan aturan lama mewajibkan tenaga kesehatan masyarakat harus uji kompetensi namun aturan tersebut oleh Menteri Ristek Dikti telah menandatangani pencabutan peraturan tersebut.

"Bapak Menteri menjanjikan membuat metode lain mengganti uji kompetensi karena kompetensi tidak hanya bersifat pengetahuan tapi juga menyangkut sikap dan keterampilan," katanya.

Sementara itu, Ketua Prodi Kesehatan Masyarakat, Nine Elissa Maharani, S.K.M, M.Kes dalam laporan kegiatan menjelaskan Angkat Sumpah Ahli Kesehatan ini diikuti 54 mahasiswa prodi Kesehatan Masyarakat Univet dan 2 mahasiswa luar.

"Setelah angkat sumpah mahasiswa berhak mendapatkan STR digunakan melamar pekerjaan di instansi negeri maupun swasta," terangnya.

Di tempat yang sama,  Ketua YPPP Veteran, Bambang Margono berharap mahasiswa yang telah diambil sumpah ahli kesehatan masyarakat ini dapat mengabdikan dirinya kepada masyarakat sesuai ilmu yang telah diperoleh di perguruan tinggi serta menjaga nama baik almamater. (Sofyan)






Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top