SMAN 1 Manyaran Peroleh Dana Penelitian IPTEKDA BAPPEDA dan LITBANG Wonogiri

Print Friendly and PDF

Tim KIR SMAN 1 Manyaran sedang melakukan penelitian dibimbing guru KIR, Sutanti, S.Pd.

SMAN 1 Manyaran Peroleh Dana Penelitian IPTEKDA BAPPEDA dan LITBANG Wonogiri

Wonogiri-majalahlarise.com-Karya Ilmiah Remaja (KIR) SMA Negeri 1 Manyaran memperoleh dana penelitian untuk para inventor pada kegiatan fasilitasi pengembangan IPTEKDA yang diselenggarakan BAPPEDA dan LITBANG Kabupaten Wonogiri belum lama ini.

Dari empat proposal penelitian KIR yang diajukan tiga berhasil masuk 10 besar mengalahkan 54 proposal peserta lainnya, dan memperoleh dana penelitian masing-masing satu juta rupiah. Penelitian itu nantinya digunakan untuk lomba KRENOVA tingkat Provinsi dan Subosukowonosraten mewakili Kabupaten Wonogiri.

Judul tiga proposal penelitian KIR yaitu Pemanfaatan Kulit Pisang menjadi Pagi Lisang, Anti Septik Daker Muca dan KFC Aromatherapy. Proposal berjudul Pemanfaatan Kulit Pisang menjadi Pagi Lisang disusun oleh Andri Kurniawan (XI IPA2), Wahyu Puji Lestari (XI IPA1), Amanda Nurulita Dewi (X IPA). Proposal berjudul Antiseptik Daker Muca disusun oleh Sri Handayani (XI IPA2), Diah Arzha Prabandari (XI IPA2), Della Natasia Budiana (X IPA). Proposal berjudul KFC Aromatherapy disusun oleh Putri Ade Lia (XI IPA1), LyLy Kaniaty (XI IPA2), Narim (XI IPA2).

Guru pembimbing KIR SMA Negeri 1 Manyaran, Sutanti, S.Pd mengatakan setelah diterima dana penelitian, siswa melaksanakan penelitian sesuai proposal yang telah dibuat dalam waktu satu bulan.

 "Persiapan penelitian sejak hari Jum'at tanggal 17 Agustus 2018. Saat ini proses penelitian tengah berjalan. Perolehan dana fasilitasi untuk penelitian memberi semangat siswa melakukan penelitian dan pengembangan ilmiah," katanya.

Lebih lanjut pihaknya berharap siswa lebih kreatif dan mampu menciptakan sesuatu yang bermanfaat dan dapat membanggakan SMA Negeri 1 Manyaran. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top