Wujudkan Kepemimpinan Murid dalam Pesantren Ramadhan SMPN 2 Karangtengah

Print Friendly and PDF

Murid SMPN 2 Karangtengah saat mengikuti Pesantren Ramadhan.

Wujudkan Kepemimpinan Murid dalam Pesantren Ramadhan SMPN 2 Karangtengah

Wonogiri- majalahlarise.com -SMP Negeri 2 Karangtengah wujudkan kepemimpinan murid dalam momen pesantren Ramadhan tahun 2024 M /1445H dengan tema “Puasaku Totalitas, Ramadhanku berkualitas dan Belajarku tuntas”. Sekolah yang terletak di dusun Kitren, Ds. Purwoharjo, Kec. Karangtengah, Kab. Wonogiri, salah satu sekolah yang tergabung dalam Komunitas Belajar KosP melaksanakan kegiatan rutin tahunan yakni Pesantren Ramadhan. Pesantren Ramadhan dilaksanakan selama tiga hari, mulai Selasa sampai Kamis, 2-4 April 2024. Kegiatan ini melibatkan seluruh siswa, bapak ibu guru dan karyawan, pondok pesantren Tremas Pacitan. 

Kepala sekolah, Anggit Joko Pratomo dalam pembukaan kegiatan menyampaikan Pesantren Ramadhan bukan hanya sekedar kegiatan rutin tahunan, tetapi merupakan momentum dalam meningkatkan kualitas keimanan dan peningkatan pemahaman keagamaan. Kebersamaan, kolaborasi diantara warga sekolah,  merupakan hal penting untuk selalu dibangun dan dijaga. Tahun ini kegiatan agak sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Para murid yang menentukan bentuk kegiatan. Mereka yang berembug, berdiskusi bentuk kegiatan seperti apa, hingga tersusunlah jenis kegiatan dan kapan waktu dilaksanakan. Kegiatan ditutup dengan kegiatan buka bersama, guna menjalin keakraban diantara siswa dengan guru," terang Anggit Joko Pratomo.

Kegiatan yang dikelola adalah sholat dhuha berjama’ah, dilanjutkan da’i kecil berkhutbah  dan kaligrafi di hari pertama. Hari kedua dilanjutkan dengan dhuha berjama’ah diwaktu pagi, da’i kecil berkhotbah, dilanjutkan tauziah dari Da’i Ramadhan ponpes Tremas Pacitan. dan  Hari pamuncak dilakukan khataman (membaca al Qur’an sampai selesai) secara berkelompok, dan ditutup dengan buka bersama. 

Baca juga: Takjil on the Road MI Al-Kahfi Manyaran, Membangun Jiwa Sosial dengan Berbagi di Bulan Ramadhan

“Anak anak yang menghendaki jenis kegiatannya apa dan bagaimana pelaksanaannya," tutur Nur Khasanah selaku guru agama.

Naswa salah siswa kelas 9, menyampaikan baru tahun ini, kegiatan pesantren ramadhan dikemas begitu menarik dan ada buka bersama. “Menarik, menyenangkan dan bukber sama teman teman dan bapak ibu guru," tuturnya.

Salah satu siswa, Bintang, menyampaikan refleksinya atas kegiatan pesantren ramadhan ini. “Saya banyak belajar bagaimana saya harus berani tampil di depan orang banyak, bagaimana saya menghargai teman, guru. Pesantren ramadhan tahun ini berbeda dengan sebelumnya, dan saya senang. Semoga tahun yang akan datang, kita masih bisa dipertemukan lagi, dalam kegiatan yang bertambah menyenangkan," ungkapnya.

Di hari akhir, pada sesi penutupan kegiatan, disampaikan kepala sekolah bahwa akhlak kepribadian, karakter yang baik, akan diikuti oleh kemampuan akademis anak.

Pesantren ramadhan merupakan momen dalam meningkatkan pemahaman keagamaan, keimanan terhadap Allah SWT, event menguatkan kepribadian dan karakter. Kepribadian dan karakter yang kuat, akan mampu membawa anak dalam meningkatkan kemampuan akademis. Totalitas dalam puasa di bulan Ramadhan ini, menjadikan berkualitasnya Ramadhan dan tuntasnya belajar.

“Kegiatan seperti ini akan membangun karakter anak. Jika karakter anak bagus, tentunya secara otomatis akan meningkatkan kemampuan akademis mereka," kata Anggit Joko Pratomo. (Sofyan)

Baca juga: Mahasiswa FISH Univet Bantara Dibekali Pengelolaan serta Optimalisasi Konten dan Medsos



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top