Meriahkan Pekan Pertama Semester Genap, SDN Lorog 02 Bangkitkan Semangat Belajar Lewat Permainan Tradisional

Print Friendly and PDF

Siswa SDN Lorog 02 saat bermain congklak.

Meriahkan Pekan Pertama Semester Genap, SDN Lorog 02 Bangkitkan Semangat Belajar Lewat Permainan Tradisional

Sukoharjo- majalahlarise.com -SDN Lorog 02 memulai pekan pertama masuk semester genap dengan semangat dan keceriaan yang menggembirakan. Siswa-siswi di sekolah ini mengambil inisiatif untuk melestarikan budaya lokal dengan menciptakan atmosfer unik melalui permainan tradisional yang menjadi magnet semangat belajar. Kamis (4/1/2024).

Di halaman sekolah, siswa-siswi dengan penuh antusias memainkan berbagai permainan tradisional seperti congklak, lompat tali, egrang, engklek, gasing, dan bekel. Tidak hanya siswa, para guru pun turut serta dengan semangat dalam kegiatan ini yang tidak hanya menghibur tetapi juga memperkenalkan warisan budaya Indonesia.

Guru bersama siswa SDN Lorog 02 saat bermain permainan tradisional.

Baca juga: Mengembangkan Jiwa Enterpreneur Siswa, SD Muhammadiyah Palur Laksanakan Market Day

Dhinar Sri Rustiana, salah satu guru di SDN Lorog 02, menjelaskan banyak anak yang belum mengenal permainan tradisional. Kegiatan ini menjadi kesempatan tidak hanya untuk memperkenalkan tapi juga melestarikan kembali jenis permainan tradisional yang mungkin terlupakan.

“Permainan tradisional memberikan peluang bagi siswa-siswi untuk belajar nilai-nilai seperti kerja sama, keberanian, kejujuran, dan sportivitas. Aktivitas ini tidak hanya menyajikan pengalaman bermain yang menyenangkan, tetapi juga membantu membangun solidaritas di antara mereka,” ungkapnya.

Menurut wanita yang akrab disapa ibu Dhinar, dengan mengusung permainan tradisional sebagai sarana belajar, SDN Lorog 02 menegaskan komitmennya untuk menjadikan pendidikan bukan hanya sebagai proses formal, melainkan juga sebagai perjalanan yang membangun kecintaan terhadap warisan budaya Indonesia. (Sadida)

Baca juga: Penuh Kreativitas, Siswa SDN Lorog 02 Sambut Awal Semester Genap dengan Mewarnai


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top