Menciptakan Lingkungan Sekolah Sehat, SMP Negeri 2 Paranggupito Laksanakan Jumat Bersih

Print Friendly and PDF

Siswa SMP Negeri 2 Paranggupito saat membersihkan halaman belakang sekolah.

Menciptakan Lingkungan Sekolah Sehat, SMP Negeri 2 Paranggupito Laksanakan Jumat Bersih

Wonogiri- majalahlarise.com -SMP Negeri 2 Paranggupito melaksanakan kegiatan Jumat bersih perdana setelah libur semester pada hari Jumat, (5/1/2024). Jumat bersih adalah salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan bergantian dengan Jumat sehat.

Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMP Negeri 2 Paranggupito, Sudarno, kegiatan Jumat bersih dilaksanakan untuk melatih budaya bersih dalam diri siswa sekaligus untuk menciptakan lingkungan sekolah yang sehat. Selain itu, Jumat bersih adalah sebagian kecil dari implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam bidang bergotong royong.

“Jumat bersih diselenggarakan di minggu pertama, lalu Jumat sehat di minggu kedua, begitu seterusnya secara bergantian. Jumat bersih sendiri adalah rutinitas yang dipelihara dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang sehat. Rutinitas ini bukan sebuah kegiatan di kelas, tetapi mampu memupuk budaya gotong royong yang disebutkan dalam P5 sekaligus membiasakan latihan hidup bersih,” tuturnya.

Sementara itu, para siswa akan terlihat berkerumun di beberapa titik untuk melakukan kegiatan Jumat bersih dengan bersemangat. Salah satu siswa kelas 7B, Jovita Milanika, mengatakan kegiatan ini menyenangkan, walaupun sedikit melelahkan, akan tetapi bergotong royong dengan peserta didik lain sembari bercengkerama di luar kelas adalah bagian menyenangkannya.

“Capek, tapi asyik. Kalau Jumat bersih bisa bersih-bersih sambil ngobrol sama teman-teman, kalau Jumat sehat bisa jalan-jalan sama teman-teman. Di luar kelas lebih lama daripada hari-hari biasanya gitu,” ujarnya. (Hani)

Baca juga: Meriahkan Pekan Pertama Semester Genap, SDN Lorog 02 Bangkitkan Semangat Belajar Lewat Permainan Tradisional



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top