Keren, Karya Tim Mahasiswa DKV ISI Surakarta Lewat Ajmal Adventure, Aplikasi Al Quran Berbasis Visual Akulturasi Wayang Lolos Ikuti MTQMN XVII 2023

Print Friendly and PDF

Ketiga mahasiswa DKV ISI Surakarta lolos babak final dalam Lomba MTQMN XVII 2023.


Keren, Karya Tim Mahasiswa DKV ISI Surakarta Lewat Ajmal Adventure, Aplikasi Al Quran Berbasis Visual Akulturasi Wayang Lolos Ikuti MTQMN XVII 2023

Solo- majalahlarise.com -Melalui seleksi yang ketat, akhirnya karya berupa desain aplikasi Al Quran hasil rancangan dari tim mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta merupakan aplikasi game sebagai solusi karena banyaknya umat muslim yang belum bisa membaca Iqra maupun Al Quran. Melalui aplikasi game ini, harapannya dapat meningkatkan kemampuan umat muslim dalam membaca Iqra dan Al Quran, utamanya anak-anak umur 4-12 tahun.

Ketiga mahasiswa DKV ISI Surakarta mengikuti lolos babak final dalam Lomba MTQMN XVII 2023 yang diselenggarakan pada 3 - 10 November 2023 di Universitas Brawijaya, Malang. Uniknya, ketiga mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta ini mengikuti cabang lomba desain aplikasi Al Quran dengan mengusung konsep visual akulturasi wayang. 

Desain Aplikasi Al Quran ini diberi nama Ajmal Adventure, sebuah aplikasi game untuk anak-anak untuk belajar membaca Iqra dan Al Quran ini berhasil menyisihkan tim mahasiswa dari perguruan tinggi se Indonesia. Ketiga mahasiswa tersebut mewakili kafilah ISI Surakarta dan bersaing dengan 50 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia di babak final.

Baca juga: Berliterasi Bersama Arfuzh Ratulisa di Kota Bertuah

Ketiga mahasiswa tersebut adalah mahasiswa DKV ISI Surakarta angkatan 2022, yaitu Mohammad Aditia Gilang Romadhon, Dwinanda Fatkhul Huda, dan Bharata Yoga Permana ini berhak mengikuti babak final Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) XVII 2023 merupakan event yang diadakan setiap dua tahun sekali oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk memajukan bakat-bakat mahasiswa dalam bidang Tilawah Qur’an.

Menurut ketua tim, Mohammad Aditia Gilang Romadhon dalam rilisnya yang dikirim menjelaskan bahwa konsep visual yang dipakai dalam UI aplikasi ini menggunakan visual akulturasi wayang. Ia mengungkapkan, “Dengan menggunakan visual akulturasi wayang ini, selain untuk mengkampanyekan budaya wayang, juga untuk meningkatkan minat anak-anak dalam membaca Iqra dan Al Quran”. Aditia pun mengungkapkan dengan diikutkannya desain aplikasi Ajmal Adventure di dalam MTQMN XVII 2023 ini juga dapat menunjukkan inovasi teknologi, keagamaan, dan seni budaya.

Sedangkan selaku dosen pembimbing tim, M. Harun Rosyid Ridlo, M.Sn., menilai inovasi yang diusung ketiga mahasiswa DKV ISI Surakarta ini adalah sesuatu yang sangat bagus. Ia pun meyakini dengan mengusung inovasi ini, ketiga mahasiswa DKV ISI Surakarta dapat bersaing dengan baik dalam gelaran lomba MTQMN XVII 2023. (Sofyan)

Baca juga: Baitul Arqam Kuatkan Pendidikan Karakter Murid SD Muhammadiyah PK Kottabarat


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top