Gelar Proker Sosialisasi Pencegahan Tiga Dosa Besar Pendidikan Tim Kampus Mengajar Angkatan 6 SDN Langenharjo 02 Kolaborasi dengan Duta Genre Kabupaten Sukoharjo

Print Friendly and PDF

Tim Program Kampus Mengajar Angkatan 6 Tahun 2023 melaksanakan Sosialisasi Pencegahan Tiga Dosa Besar Pendidikan SD Negeri Langenharjo 02 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo.


Gelar Proker Sosialisasi Pencegahan Tiga Dosa Besar Pendidikan Tim Kampus Mengajar Angkatan 6 SDN Langenharjo 02 Kolaborasi dengan Duta Genre Kabupaten Sukoharjo

Sukoharjo- majalahlarise.com -Tim Program Kampus Mengajar Angkatan 6 Tahun 2023 SD Negeri Langenharjo 02 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo melaksanakan Sosialisasi Pencegahan Tiga Dosa Besar Pendidikan. Sabtu, 4 November 2023. 

Kegiatan sosialisasi ini mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6 SD Negeri Langenharjo 02 bekerja sama dengan Tiga Duta Genre Kabupaten Sukoharjo yaitu Ajib Rahmat, Salsabila Rahma Putri, dan Burhan Adli Fadila. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh seluruh siswa dan guru SD Negeri Langenharjo 02 dan diisi dengan penjelasan mengenai bahaya bullying dengan menampilkan video animasi bergerak untuk anak-anak yang disediakan oleh Duta Genre Kabupaten Sukoharjo. Selain itu kegiatan juga diisi dengan ice breaking yang menarik dan anak-anak diajak untuk bernyanyi tentang pencegahan bullying di sekolah. Setelah diisi dengan sosialisasi, para siswa diminta untuk menuliskan keinginannya dalam sticky note dan menempelkannya ke depan di kertas karton. Hal ini diharapkan para siswa dapat mengekspresikan apa yang dirasakan agar lebih percaya diri.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran para siswa tentang bahaya bullying di sekolah. Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat mencegah kasus bullying di sekolah, khususnya di SD Negeri Langenharjo 02.

Vemas Dwi Agustino selaku penanggungjawab kegiatan menyampaikan, kegiatan ini diharapkan untuk dapat meningkatkan kesadaran warga sekolah terkait bahaya bullying yang marak terjadi di Indonesia.

Baca juga: Keren, Siswa SMP Muhammadiyah PK Sabet Dua Juara School Creative Hub Gojek tingkat SMP se-Solo Raya

"Saya dan anggota kelompok Kampus Mengajar Angkatan 6 di SD Negeri Langenharjo 02 berharap setelah mengikuti kegiatan ini siswa menjadi lebih sadar terkait bahaya bullying di SD Negeri Langenharjo 02," tuturnya.

Drs. Suhirlan, selaku Kepala Sekolah menyampaikan, terima kasih kepada kakak-kakak mahasiswa yang telah melaksanakan kegiatan sosialisasi pencegahan bullying ini. Harapan sekolah setelah diadakannya kegiatan ini dapat menjadikan siswa lebih menghargai antar teman di SD Negeri Langenharjo 02.

Ajib, salah satu Duta Genre Kabupaten Sukoharjo mengucapkan terima kasih kepada Tim Kampus Mengajar Angkatan 6 yang telah mengadakan sosialisasi terkait tindak bullying di sekolah, khususnya di SD Negeri Langenharjo 02. "Harapannya dengan diadakan sosialisasi ini para siswa menjadi lebih sadar mengenai pentingnya pencegahan bullying di sekolah maupun di masyarakat," tuturnya.

Rangkaian kegiatan ini berjalan dengan lancar. Para siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Hal itu ditunjukkan dengan dua siswa yang berani untuk maju ke depan dan bertanya kepada pemateri.

Galang, salah satu siswa yang mengikuti kegiatan menyampaikan sangat senang mengikuti kegiatan sosialisasi ini karena materi disampaikan dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. "Selain itu dalam  kegiatan ini kami juga senang karena mendapatkan reward," tuturnya.

Pada akhir kegiatan, mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6 SD Negeri Langenharjo 02 memberikan hadiah kepada dua siswa yang berani untuk ditanya tentang kegiatan yang terlah berlangsung. Dengan telah berlangsungnya kegiatan ini, diharapkan siswa maupun warga sekolah dapat menerapkan bahaya bullying yang biasa terjadi di sekolah maupun lingkungan sekitar.

Adapun Tim Kampus Mengajar Angkatan 6 di SD Negeri Langenharjo 02 yaitu Indarto, S.Sn., M.Sn. (Institut Seni Indonesia Surakarta) Selaku Dosen Pembimbing Lapangan, Saparni Retno Windarti, S.Pd. Selaku Guru Pamong. Mahasiswa yang bertugas di SD Negeri Langenharjo 02 antara lain Vanissa Assyafi (Universitas Muhammadiyah Surakarta Program Studi Hukum Ekonomi Syariah), Defita Nabila Zahra (Universitas Muhammadiyah Surakarta Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris), Ilham Nur Safitri (Universitas Muhammadiyah Surakarta Program Studi Pendidikan Agama Islam), Stefani Ariana (Universitas Surakarta Program Studi Manajemen), dan Vemas Dwi Agustino (Universitas Veteran Bangun Nusantara Program Studi Pendidikan Matematika). (Sofyan)

Baca juga: Lolos Abdidaya 2023, Tim PPK Ormawa HIMA DKV ISI Surakarta Angkat UMKM Ecoprint Serengan Surakarta


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top