Apresiasi Karya Unggulan Mahasiswa, DKV ISI Surakarta Adakan Abipraya Awards 2023

Print Friendly and PDF

Event dengan bertajuk Abipraya DKV Awards 2023 sebagai event penganugerahan karya terbaik mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta.


Apresiasi Karya Unggulan Mahasiswa, DKV ISI Surakarta Adakan Abipraya Awards 2023

Solo- majalahlarise.com -Puluhan pengunjung yang rata-rata berusia muda ini memenuhi Lokananta, Surakarta yang ditata sedemikian agar event kreatif senapas dengan jiwa milenial. Event dengan bertajuk Abipraya DKV Awards 2023 sebagai event penganugerahan karya terbaik mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta dengan 3 (tiga) kategori, yaitu Kategori A : Graphic (typography, branding, dan digital design), Kategori B : Visual Arts (ilustrasi terapan dan printed media), dan Kategori C : Photo & Cinema Digital (fotografi, audio visual, dan animasi).

Sebagai bentuk apresiasi kepada karya mahasiswa selama menempuh perkuliahan dan juga sebagai pemantik kepada setiap mahasiswa untuk selalu berkarya secara maksimal, maka civitas akademik Prodi DKV FSRD ISI Surakarta mengadakan event yang rutin setiap tahun ini diselenggarakan pada 21 - 23 November 2023. 

Antusiasme dalam mengikut karya pada tahun ini meningkat pesat dengan total jumlah 88 karya dengan tiap Kategori A sebanyak 12 karya, 

Kategori B berjumlah 60 karya, dan untuk Kategori C sebanyak 16 karya  yang dinilai oleh tim ketiga dewan juri yakni M. Harun Rosyid Ridlo, M.Sn., Ditya Fajar Rizkizha, S.Sn., M.Sn., dan Monica Revias Purwa Kusuma, S.Sn., M.Sn, dimana ketiganya dari internal dosen Prodi DKV ISI Surakarta.

Baca juga: Unisri Tingkatkan Kualitas Penelitian Para Dosen

Daftar pemenang Abipraya DKV Awards 2023 untuk Kategori A (Graphic Design) diraih oleh Faza Dzikrulloh dengan judul karya Membuka Era Baru Melalui Rebranding Batik Air, Kategori B (Visual Arts) diraih oleh Zidane Athillah Ardani dengan karya berjudul Fundamentas, sedangkan pemenang Kategori C (Photo & Cinema Digital) diraih Cornelius Bryan Indriantara lewat karya Balada Sampah Plastik Penghancur Laut !?!.

Penyerahan penghargaan dilaksanakan pada hari terakhir puncak event kreatif di pendopo dan pelataran Lokananta, Surakarta. Acara yang dikemas untuk kalangan milenial ini juga ada stand kuliner, craft, kedai merchandise, dan stand dari beberapa tenant, serta sesi talkshow dan creative sharing di setiap hari, seperti pemateri oleh Akhmad Syaiful Anwar, S.Ds, M.Ds dari OBSECRO Animation Studio, Irul Rohmad Khoirudin (Odama Studio), dan Maria Uthie dan Hayul Qoyyum dari Kunci Copystation.

Pengunjung tampak memadati lokasi pameran dan terlihat begitu antusias mengamati satu persatu karya desain komunikasi visual yang didisplay begitu menarik, sekumpulan anak muda dengan beragam gaya busana dari berbagai kampus dan sekolah ini memenuhi pendopo dan pelataran Lokananta, Surakarta.

Dalam sambutan pembukaan event, Dekan FSRD ISI Surakarta, Dr. Ana Rosmiati, S.Pd., M Hum menjelaskan kegiatan rutin ini dirasa sangat positif kepada mahasiswa atas penghargaan dari karya kreatif yang dihasilkan.

Sedangkan menurut Rendya Adi Kurniawan, M.Sn selaku Kaprodi DKV dalam sambutan menyatakan penganugerahan untuk karya terbaik mahasiswa ini diharapkan dapat menjadi pemicu dan sekaligus pemantik untuk selalu berkompetisi dalam menghasilkan karya desain yang baik dan solusi dalam memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat melalui karya desain komunikasi visual tentunya.

Evan Arwagavin Magenta selaku ketua panitia menjelaskan bahwa event ini bertujuan sebagai ajang bertukar pikiran dalam memberikan motivasi, pengetahuan dan solusi dalam lingkup desain bagi audiens, membantu mengubah persepsi audiens mengenai wawasan desain di sekitarnya, menggunakan pendekatan desain komunikasi visual, selain itu Abipraya Awards 2023 juga menjadi bentuk untuk mengapresiasi mahasiswa DKV ISI Surakarta dalam berkarya, serta memperkenalkan Lokananta sebagai venue yang berpotensi untuk lokasi pameran.

"Diadakannya kegiatan untuk mengapresiasi karya mahasiswa dapat diharapkan audiens menjadi lebih mengerti lebih dalam potensi yang dimiliki oleh mahasiswa DKV dan menumbuhkan jiwa kompetitif di lingkungan mahasiswa," ungkapnya. (Sofyan)

Baca juga: Kembangkan Potensi Warga, Tim Dosen FSRD ISI Surakarta Adakan Workshop Batik Warna Alam di Desa Kemuning, Lereng Gunung Lawu


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top