PERJUSA Gudep MTsN 5 Wonogiri Sarana Pembentukan Karakter Kepemimpinan

Print Friendly and PDF

 

Prosesi upacara Api Unggun kemah PERJUSA Gudep MTsN 5 Wonogiri.

PERJUSA Gudep MTsN 5 Wonogiri Sarana Pembentukan Karakter Kepemimpinan

Wonogiri- majalahlarise.com -Prosesi upacara api unggun dan penyalaan kembang api dalam PERJUSA (Perkemahan Jumat-Sabtu) Gudep 12.08.89/ 12.08.90 MTsN 5 Wonogiri berlangsung khidmat. Selaku pembina upacara api unggun Ketua Kwartir Ranting kecamatan Manyaran kak Sutrisno. Bertempat di lapangan setempat. Jumat-Sabtu (6-7/10/2023).

Dalam amanat upacara api unggun, kak Sutrisno memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada adik-adik Pramuka Penggalang dan umumnya keluarga besar Gugus Depan MTsN Negeri 5 Wonogiri untuk melanjutkan kegiatan ini. Teruskan seperti semangat api yang menyala apiku, apimu api kita untuk mengisi kemerdekaan negara tercinta lewat kegiatan kepramukaan.

"Harapan kami adik-adik selepas pendidikan di MTs nantinya tetap hidup dan menggelora kegiatan Pramuka agar menjadi generasi penerus sesuai harapan bangsa dan negara," harapnya.

Peserta PERJUSA saat persiapan mengikuti kegiatan outbound.

Baca juga: Persiapkan Anak Menuju Masa Akil Balig, SD Muhammadiyah PK Kottabarat Gelar Parents Day

Sementara itu, Kepala MTsN 5 Wonogiri sekaligus Kamabigus, kak Joko Supriyanto mengatakan Pramuka merupakan salah satu proses pembelajaran khususnya di kurikulum merdeka yaitu dalam pembentukan karakter. Karakter yang dibentuk yaitu nasionalis, patriotik dan kedisiplinan termasuk di dalamnya membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila Rahmatan lil Alamin.

"Pendidikan yang diberikan di madrasah  tidak hanya pada jenjang KBM tetapi juga di masyarakat. Salah satunya melalui kepramukaan dengan membangun karakter siswa. Karakter yang dibangun yaitu bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, cinta tanah air, kedisiplinan, kepedulian, sosial berempati kepada sesama, budi pekerti luhur, sehat, kerjasama dan berguna bagi masyarakat," jelasnya.

Ketua panitia perkemahan, kak Budi Hardiningsih saat ditemui di sela-sela kegiatan menyampaikan PERJUSA diikuti sebanyak 460 peserta Pramuka Penggalang laki-laki dan perempuan kelas 7, 8, 9 ditambah siswa MI Al Kahfi Manyaran.

"Tujuan adanya PERJUSA membentuk karakter generasi muda khususnya siswa MTs menjadi generasi yang bisa menjalin persaudaraan, memiliki jiwa kepemimpinan. Sehingga nanti jiwa kepemimpinannya dapat bermanfaat dalam kehidupan masyarakat di kemudian hari," ujarnya.


Lebih lanjut dikatakan, kegiatan diawali dengan pendirian tenda, outbond, api unggun dan pentas seni, hari kedua ada kegiatan olahraga, teknik Pramuka, semaphore dan sebagainya.

"Berharap kegiatan Pramuka di MTsN 5 Wonogiri yang diselenggarakan setiap satu Minggu sekali di sekolah kedepannya semakin baik dan maju," harapnya. (Sofyan)

Baca juga: PGRI Wonogiri Salurkan Sebanyak 30 Tangki Air Bersih di Wilayah Kecamatan Giritontro


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top