SMA Negeri 1 Wuryantoro Gelar Aksi P5, Tampilkan Kearifan Lokal Tarian Daerah Nusantara

Print Friendly and PDF

Penampilan tari Perang dari siswa kelas XI F1.

SMA Negeri 1 Wuryantoro Gelar Aksi P5, Tampilkan Kearifan Lokal Tarian Daerah Nusantara

Wonogiri- majalahlarise.com -Berbagai tarian adat Nusantara ditarikan secara apik dan menarik oleh siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Wuryantoro dalam Gelar Aksi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Bangunlah Jiwa Raganya dan Kearifan lokal tarian Nusantara. Bertempat di halaman sekolah, Kamis (24/8/2023).

Tarian yang ditampilkan diantaranya tari Pelajar Pancasila, Sajojo, tari Gantar, senam Poco-Poco, tari topeng, tari reog Ponorogo, senam Tobelo, tari Saman, senam Maumere, tari Kecak, tari Piring, tari Jaranan.

Kepala SMA Negeri 1 Wuryantoro, Dra. Endang Sunarsih, M.Pd saat ditemui disela-sela kegiatan mengatakan gelar aksi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ada di dalam kurikulum merdeka untuk penguatan pendidikan karakter peserta didik.

Kepala SMA Negeri 1 Wuryantoro, Dra. Endang Sunarsih, M.Pd saat foto bersama bapak ibu guru karyawan.

Baca juga: Belajar Karya Seni Dekoratif, Murid SD Muhammadiyah PK Kottabarat Praktik Membatik di Kampoeng Batik Laweyan

"Gelar aksi P5 ini untuk kelas X mengambil tema Bangunlah Jiwa Raganya yang diharapkan anak-anak menjadi disiplin, sehat, dan bahagia ketika menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Wuryantoro," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, kelas XI mengangkat tema Kearifan lokal dengan menampilkan tarian daerah Nusantara yang diharapkan anak-anak tidak melupakan budaya adiluhung dimiliki bangsa Indonesia. Jangan sampai mereka hanya mencintai K-Pop dan drama Korea.



"Anak-anak benar-benar mau melestarikan budaya adiluhung yang dimiliki bangsa Indonesia sebagai bentuk cinta tanah air. Saya berharap anak-anak memiliki karakter kuat sebagai generasi emas dalam kepemimpinan masa depan," harapnya. (Sofyan)

Baca juga: Pengembangan Modal Pra Koperasi dengan Ajakan Menabung


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top