Pelatihan Menabung Sejak Dini Berbasis Kreasi Menghias Celengan di SDN 1 Bakalan

Print Friendly and PDF

 

Mahasiswa KKN Unisri Satria Budi Wicaksana saat memberi edukasi tentang menabung kepada siswa.


Pelatihan Menabung Sejak Dini Berbasis Kreasi Menghias Celengan di SDN 1 Bakalan

Sukoharjo- majalahlarise.com -Satria Budi Wicaksana, mahasiswa KKN PPM Universitas Slamet Riyadi Surakarta, kelompok 53 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. YB. Irpan, S.H., M.H. melaksanakan KKN-PPM di Desa Bakalan, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo. Satria melaksanakan program kerja individu berupa Pelatihan Menabung Sejak Dini Berbasis Edukasi Menghias Celengan di SDN 1 Bakalan. Senin (14/8/2023).

Pelaksana kegiatan program kerja KKN, Satria Budi Wicaksana menerangkan tujuan utama dari pelatihan ini untuk mengajarkan anak tentang pentingnya menabung sedari dini agar lebih menghargai uang.

Dalam kehidupan pembelajaran menabung sejak usia dini memiliki dampak yang tak ternilai. Lebih dari sekadar konsep ekonomi, ini juga membentuk dasar bagi pembentukan kebiasaan baik yang akan terus membantu anak-anak tumbuh menjadi individu yang bijaksana dalam mengelola uang sepanjang hidup mereka. Selain itu, melalui pelatihan ini, anak-anak diajarkan tentang disiplin dan tanggung jawab dalam mengatur keuangan mereka. 

"Mereka diberi pengertian untuk secara teratur mengalokasikan sebagian dari pendapatan mereka, entah itu berasal dari jajanan sehari-hari atau hadiah. Kebiasaan ini mengajarkan mereka tujuan jangka panjang serta manfaat nyata dari menabung, seperti meraih impian atau merencanakan pendidikan masa depan,selain itu anak akan menjadi lebih menghargai uang dan tidak membelanjakan uang dengan sembarangan," ujarnya.

Mahasiswa KKN Unisri Satria Budi Wicaksana saat foto bersama siswa membawa celengan.


Lebih lanjut dikatakan, peserta dalam kegiatan ini siswa-siswi kelas 3 dari SDN 1 Bakalan. Mereka diberi penjelasan cara menabung yang benar dan dilengkapi dengan pembelajaran manajemen keuangan, antusiasme dan semangat peserta begitu terlihat. Disela sela kegiatan juga menghias celengan agar anak tidak merasa jenuh sehingga anak anak bisa lebih memahami apa yang diajarkan.

"Saya juga berbagi contoh nyata tentang dampak positif menabung sejak dini dalam kehidupan nyata. Selain itu menghadirkan kisah-kisah inspiratif tentang individu yang sukses mewujudkan impian-impian mereka melalui kebiasaan menabung sejak usia muda," tuturnya.

Menurut Satria Budi Wicaksana, kegiatan pelatihan menabung sejak dini di SDN 1 BAKALAN bukanlah sekadar momen pendidikan, tetapi merupakan langkah nyata menuju perubahan positif dalam perilaku keuangan di masa depan. 

"Melalui pendekatan edukasi dan contoh nyata, langkah ini membantu membuka pintu bagi masa depan yang lebih stabil dan penuh harapan bagi generasi muda Desa Bakalan," harapnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top