Pertunjukan Festival Geopark ke-5 Berlangsung Meriah

Print Friendly and PDF

Penonton antusias menyaksikan pertunjukan Reog Wonosetan.


Pertunjukan Festival Geopark ke-5 Berlangsung Meriah

Wonogiri- majalahlarise.com -Masyarakat Pracimantoro dan sekitarnya antusias menyaksikan pertunjukan seni Reog Wonosetan yang menjadi acara puncak Festival Geopark ke-5 Gunung Sewu tahun 2023 di Panggung Museum Kars Pracimantoro. Sebelumnya penonton dihibur pertunjukan apresiasi seni dari pelajar SD, SMP, SMA dan sanggar seni di Pracimantoro, Eromoko dan Wuryantoro. Minggu (30/7/2023).

Adapun para penampil apresiasi seni pelajar dan sanggar seni yaitu SD Muhammadiyah PK Pracimantoro menampilkan tari Dolanan Ing Wayah Wengi, Sanggar Sedayu Tari Pangpung, Sanggar Saka Budaya Tari Merak, SD 5 Pracimantoro Tari Kreasi Batur, Tari Kridaning Jaran LPK Sekar Melati, Tari Sanggar Bergawa Tari Sapu Jagad, Musik Rebana SD Muhammadiyah PK Pracimantoro, Tari Wulan Sunu dari Sanggar Sedayu, Tari Kridaning Jaranan Sanggar Saka Budaya, Tari Saman dari SMP Muhammadiyah PK Pracimantoro, Sanggar Bergawa Tari Krincing Wonogiren, SMKN 1 Pracimantoro Tari Sintren, LPK Sekar Melati Tari Sayuk.

Penampilan tari Saman dari SMP Muhammadiyah PK Pracimantoro.

Baca juga: Karang Taruna Perum Solo Elok Mojosongo Adakan Lomba Mewarnai Sambut Peringatan HUT RI ke-78

Panitia Pelaksana, Faris saat ditemui disela-sela kegiatan mengatakan Festival Geopark ke-5 Gunung Sewu tahun ini mengusung tema "Merawat Nalar Menjaga Akal Sehat" dikemas dalam beberapa kegiatan dari tanggal 25 sampai 30 Juli 2023.

Tanggal 25, ada kegiatan menanam pohon untuk meregenerasi pohon yang ada di kawasan Pracimantoro, tanggal 26 kegiatan sosialisasi susur goa dan penanggulangan bencana oleh relawan prabu (Praci Bersatu), tanggal 27 kegiatan kunjungan assesor dari Cina dan Korea yang datang ke SMKN 1 Pracimantoro untuk melakukan ceking kawasan Geopark dilanjutkan tanggal 28 lawatan asesor UNESCO mengunjungi Museum Kars dan beberapa geoset yang ada di area Museum Kars, tanggal 29 digelar pertunjukan parade musik, workshop sosialisasi dari Himapres tentang Geopark, tanggal 30 Gowes diikuti lebih dari 1000 peserta, senam sehat, mewarnai dan menggambar.

"Hari ini pukul satu siang sampai tiga sore digelar potensi anak-anak pelajar dan sanggar seni  Pracimantoro, Eromoko, Wuryantoro dan diakhiri pertunjukan Reog Wonosetan," ucapnya.

Lebih lanjut, Faris berharap adanya festival Geopark ini masyarakat memahami tentang Geopark Gunung Sewu sehingga menumbuhkan kesadaran terhadap tanah kelahiran. 

"Semoga bisa saling merawat semesta ini agar kita saling hidup harmonisasi," harapnya. (Sofyan)

Baca juga: Classical Music Night, Road to Doremi Fast


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top