Crew RADIO GIVE Ikom Univet Dibekali Cara Menulis Naskah Siaran

Print Friendly and PDF

Sofyan Yuli Antonius, S.Sos (Praktisi Radio) saat menyampaikan materi penulisan naskah siaran radio.


Crew RADIO GIVE Ikom Univet Dibekali Cara Menulis Naskah Siaran

Sukoharjo- majalahlarise.com -Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat saat ini membutuhkan penguasaan pengelolaan perangkat maupun sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompeten dibidang teknologi informasi salah satunya pengelolaan radio internet kampus. Untuk itulah Crew RADIO GIVE Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo dibekali ketrampilan pengelolaan radio internet dengan menghadirkan pembicara Sofyan Yuli Antonius, S.Sos (Praktisi Radio). Bertempat di ruang kuliah Gedung FISH lantai 2. Jumat (7/7/2023).

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, Henny Sri Kusumawati, M.I.Kom saat memberi sambutan sekaligus membuka kegiatan menyampaikan hadirnya RADIO GIVE menjadi wadah bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi mengenal dan mengelola stasiun radio.

"Jadikan RADIO GIVE wadah menempa diri mengembangkan minat dan bakat kepenyiaran yang dimulai dari minat bidang apapun bisa bidang penulisan naskahnya, kepenyiaran, editing, podcast, dan sebagainya," ujarnya.

Crew RADIO GIVE IKom Univet Bantara saat foto bersama Kaprodi IKom dan Narasumber.

Baca juga: Rakor Menuju Sekolah Go International

Lebih lanjut dikatakan, keberlangsungan RADIO GIVE mendapat dukungan dari Fakultas dengan merenovasi peralatan siaran radio dan pembuatan aplikasi radio internet yang bisa didownload melalui google playstore. 

"Aplikasi Radio Internet GIVE rencana akan di launching saat PKKMB mendatang. Sehingga kita perlu siapkan dan dukungan dari Crew untuk maju dan berkembang bersama. Saya berharap mahasiswa mengikuti pelatihan ini sebaik-baiknya, mampu mengimplementasikan, mengeksekusinya bermanfaat jangka panjang," ungkapnya.

Sementara itu, ketua RADIO GIVE Yasmin Restu Ningtyas mengucapkan terimaksih kepada Kaprodi dan narasumber yang telah memberikan waktu dan ilmunya. Selain itu, kepada teman-teman mahasiswa berharap kerjasamanya untuk berkembang bersama memajukan RADIO GIVE.

Dalam pemaparan materi, Sofyan Yuli Antonius menjelaskan cara menulis naskah siaran radio beserta teknik siaran radio bagi penyiar pemula. 

"Tujuan naskah siaran yaitu sebagai pedoman hal apa saja yang akan dibicarakan saat siaran berlangsung. Adanya naskah siaran (skrip) siaran ini agar siaran berjalan lancar, efektif dan sesuai durasi yang ada. Selain itu pesan yang disampaikan terstruktur, dapat diterima dengan baik oleh pendengar radio," terangnya.

Dalam pelatihan ini peserta mendapatkan tugas membuat naskah siaran radio dengan topik seputar dunia anak muda milenial. durasi siaran 5-10 menit. Setelah naskah siaran selesai dibuat nantinya direkam di studio rekaman Radio GIVE. (Sofyan)

Baca juga: Tim Jejahits.id Unisri Lolos Pendanaan P2MW Tahun 2023


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top