Gelar Focus Group Discussion, FSRD ISI Surakarta Hadirkan Narasumber Kaji Kurikulum dan Pembelajaran

Print Friendly and PDF

Civitas akademik FSRD ISI Surakarta berusaha melakukan peningkatan kualitas kurikulum pendidikan dengan mengadakan FGD (Focus Group Discussion).


Gelar Focus Group Discussion, FSRD ISI Surakarta Hadirkan Narasumber Kaji Kurikulum dan Pembelajaran

Solo- majalahlarise.com -Sebagai upaya dalam rangka mengikuti perkembangan zaman menuntut perubahan dan peningkatan kualitas pendidikan salah satunya perubahan dan peningkatan kualitas kurikulum di Perguruan Tinggi. 

Dengan menghadirkan narsum yang berkompeten dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung yaitu Dr. Zakarias Sukarya Soeteja, M.Sn., Bandi Sobandi, S.Pd., M.Pd., dan Galih Jatu Kurnia, M.Sn. dengan Moderator Dr. Ir. Choiroel Anam, M.P., M.T. dari UNS (Universitas Sebelas Maret, Surakarta). Maka untuk menyikapi hal tersebut, civitas akademik FSRD ISI Surakarta berusaha melakukan peningkatan kualitas kurikulum pendidikan dengan mengadakan FGD (Focus Group Discussion).

FGD menghadirkan dosen dan kaprodi perwakilan dari 8 (delapan) program studi yang ada di FSRD ISI Surakarta, praktisi, stakeholder, dan mitra dari alumni serta asosiasi pengusaha ini dilaksanakan di Ruang Sidomukti 1 Ballroom, The Royal Surakarta Heritage, Slamet Riyadi Solo yang dilaksanakan selama 3 hari mulai Kamis - Sabtu, 22-24 Juni 2023. 

FGD menghadirkan dosen dan kaprodi perwakilan dari 8 (delapan) program studi yang ada di FSRD ISI Surakarta, praktisi, stakeholder, dan mitra dari alumni serta asosiasi pengusaha ini dilaksanakan di Ruang Sidomukti 1 Ballroom, The Royal Surakarta Heritage, Slamet Riyadi Solo.


Baca juga: Lepas 134 Raih Mimpi Masa Depan yang Mencerahkan 

FGD dibuka oleh WR II ISI Surakarta Dr. Joko Budiwiyanto, S.Sn., M.A. dalam sambutannya menjelaskan bahwa aspek teruwujudnya pembejaran yang baik adalah adanya kurikulum yang baik, selain kurikulum, akreditasi juga menjadi hal penting. Akreditasi yang unggul masih belum cukup, harus mencapai akreditasi internasional. 

“Apresiasi yang luar biasa untuk para dosen dan dukungan dari P3AI. Semoga FGD bermanfaat bisa menghasilkan kurikulum yang berkualitas menuju akreditasi internasional. Kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, perkembangan ilmu dan teknologi. Apalagi pasca pandemi, kecepatan perkembangan teknologi semakin luar biasa hingga muncul teknologi AI. Masukan dari industri  sangat penting, karena industri menjadi salah satu test case lulusan kita dan keberhasilan kurikulum. Link and Match pendidikan dengan dunia kerja juga bisa terwujud dengan baik” pungkasnya.

Selanjutnya dalam sambutannya, Dekan FSRD ISI Surkarta Dr. Ana Rosmiati, S.Pd., M.Pd. menyampaikan bahwa saat ini di ISI Surakarta berjalan 2 kurikulum yaitu kurikulum 2018 dan kurikulum KKNI. Dengan FGD ini harapannya ada masukan untuk perubahan dan peningkatan kurikulum menuju kurikulum OBE (Outcome Based Education) yang semoga bisa dilaksanakan di semester depan.

 "Masukan dari para dosen dan mitra sangat diperlukan bagi peningkatan kurikulum ini, sehingga dengan kurikulum yang baru nantinya bisa menghasilkan output mahasiswa yang kompeten sesuai dengan kebutuhan masyarakat, industri dan kemajuan zaman. Diharapkan dari kegiatan ini akan menghasilkan kurikulum yang bermanfaat dan mampu menghasilkan mahasiswa yang berdaya” ungkap Ana Rosmiati.

Disela-sela kegiatan Rektor ISI Surakarta, Dr. I Nyoman Sukerna, S.Kar., M.Hum yang ikut hadir menyatakan bahwa luar biasa kita hari ini didampingi para ahli di bidangnya, semoga rekonstruksi kurikulum ini segera bisa menghasilkan kurikulum baru yang lebih baik dan berkualitas menyesuaikan dengan kemajuan zaman, perubahan kebijakan dari kementerian dan sinkron dengan program MBKM. 

Selain itu Rektor kepada para narasumber berharap senantiasa berkenan mendampingi tidak hanya pada acara FGD ini tapi hingga selesainya peningkatan kurikulum ini. 

Kegiatan ini secara resmi ditutup oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Bambang Sunarto, S.Sen., M.Sn. (Sofyan)

Baca juga: Mahasiswa Fakultas Pertanian Univet Ikuti Kuliah Pakar Academic Writing Journal Article For Agriculture


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top