Top, Mufliha Syifaa Husna, Siswa SMP Muhammadiyah PK Solo Raih 3 Penghargaan Internasional Ajang TIMO

Print Friendly and PDF

Mr. Andy Lam President TIMO menyerahkan penghargaan kepada Mufliha Syifaa Husna, Siswa SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta.


Top, Mufliha Syifaa Husna, Siswa SMP Muhammadiyah PK Solo Raih 3 Penghargaan Internasional Ajang TIMO

Solo- majalahlarise.com -Mufliha Syifaa Husna, siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta meraih tiga penghargaan Internasional dalam Olimpiade Matematika ajang Final Round Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO) di Pattaya, Thailand, 31 Maret sampai dengan 2 April 2023. 

Prestasi yang diraih Mufliha Syifaa Husna dalam ajang Kompetisi TIMO di Thailand antara lain, 2nd Runner-up jenjang Secondary 3 (Terbaik kedua dari seluruh peserta TIMO kelas 3 SMP dari semua negara peserta yang hadir), World Star Indonesia (peraih nilai tertinggi dari Indonesia untuk jenjang Secondary 3), dan Gold Award jenjang Secondary 3. Karena meraih medali emas, Syifaa berhak mengikuti kompetisi WIMO (World International Mathematical Olimpiad) di Vietnam 6-7 Januari 2024, Hanoi, Vietnam. Selain itu, Syifaa juga berhak mendapatkan tiket gratis mengikuti TIMO tahun depan.

“Insyallah saya akan ikut perlombaan TIMO tahun depan dan saya akan pelajari terlebih dahulu untuk kompetisi WIMO yang akan diadakan di Vietman,” jelas Syifaa (nama panggilan).

Adapun Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO) yang diikuti Syifaa merupakan ajang perlombaan internasional kompetisi Matematika yang diselenggarakan oleh Tim Thailand International Mathematical Olympiad. Peserta lomba adalah 390 siswa-siswi dari 19 negara.

Baca juga: Darul Arqam SD Muhammadiyah Palur, Kenali Jin Iblis Masuk ke Dalam Manusia

Kecintaannya terhadap Matematika membuat siswi yang tengah duduk di bangku kelas 9 tersebut mendapatkan banyak medali.  Total terdapat 15 prestasi olimpiade Matematika dari tingkat kota hingga internasional. Saat masih duduk di bangku SD pun, Syifaa berhasil meraih medali silver award primary 4 ajang TIMO. “Senang sekali menyelesaikan soal-soal Matematika. Saya tidak menyangka akan mendapatkan penghargaan yang lain selain medali,” ungkapnya.

Sebelum terbang ke Thailand, Mufliha Syifaa Husna melatih kemampuannya dengan memperbanyak latihan soal Matematika khususnya materi yang dilombakan dalam TIMO di Thailand. Agar diberikan kemudahan dan ridho melewati semua ujian, Syifaa juga lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tidak lupa, ia selalu menjaga kesehatan supaya tubuh siap bertanding.

Proses Perlombaan

Sehari sebelum perlombaan dimulai, Syifaa mengikuti simulasi ruangan yang telah dikondisikan oleh panitia. Setiap peserta duduk sesuai nomor yang telah ditentukan. Saat perlombaan berlangsung, setiap tim disambut oleh panitia. Panitia melakukan wawancara, memberikan semangat, dan mengantar ke ruangan lomba. 

“Lomba dimulai pukul 09.00 dan berakhir pukul 11.00 waktu Bangkok. Suasana ruangan kondusif. Anak yang lomba berada di lantai 6 di Convention Hall The Space Hotel Pattaya,” jelasnya.

Saat perlombaan, Syifaa berusaha menyelesaikan 30 soal Matematika dengan menuliskan jawaban singkat pada selembar kertas. Kertas soal tidak diperkankan dibawa pulang dan dicoret-coret. Setelah selesai lomba, semua peserta tetap diam di meja. Para orang tua menjemput masing masing anak yang duduk di meja lomba.

“Alhamdulillah tidak terdapat kesulitan ketika lomba berlangsung karena semua kondisi sudah tertata rapi sehingga peserta nyaman dalam mengerjakan soal soal yang ada,” ungkapnya.

Dukungan Orang Tua

Ayah Mursito dan Bunda Sri Hestyanti mengaku selalu mendukung Syifaa agar selalu berprestasi. Mereka memberikan ruang seluas-luasnya untuk Syifaa agar dapat mencapai apa yang diinginkannya dalam perlombaan di Thailand, seperti mengantarkan belajar di club Matematika dan menunggu saat mengerjakan soal-soal.

“Pesan kami agar terus semangat dan jangan mudah berputus asa. Yang terpenting adalah berusaha melakukan yang terbaik dan hasilnya diserahkan kepada Allah SWT,” jelas Bunda Sri Hestyanti.

Sementara itu, Kepala SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta, Muhdiyatmoko, mengaku bangga dan bersyukur atas pencapaian siswanya dalam ajang perlombaan olimpiade internasional.

“Prestasi yang membanggakan. Atas nama sekolah, kami sangat bersyukur dengan pencapaian prestasi Mbak Syifaa Husna ini. Prestasi tingkat internasional itu melengkapi pundi-pundi prestasi sekolah yang dari ke hari semakin bertambah. Semoga bisa istikomah untuk terus berprestasi dan meraih hasil terbaik,” tandasnya.

Prestasi yang diraih oleh Mufliha Syifaa Husna meliputi,

1. Gold Award Thailand International Mathematical Olympiad TIMO 2022-2023

2. Juara 3 Olimpiade Sains Nasional OSN Tingkat Kota Surakarta 2022

3. Gold Award Math ORC-X Kompetisi Sains Tingkat Nasional

4. Medali Emas Emerald Education Final Provinsi Jawa Tengah OMNAS 12

5. Juara 1 Lomba Matematika Olympic Ahmad Dahlan VII Tingkat Nasional Tahun 2021

6. Bronze Award Thailand International Mathematical Olympiad TIMO 2021

7. Bronze Award Philippine International Mathematical Olympiad PHIMO 2021

8. Bronze Award Philippine International Mathematical Olympiad PHIMO 2022

9. Bronze Award American Matematics Olympiad AMO 2021

10. Silver Award I Discovered Maths & Science Competition ID-MEC 2022

11. Silver Award Indonesia Math Contest IMC 2021 Trial Round

12. Silver Award Indonesia Math Contest IMS 2021 Final Round

13. Medali Perak Bidang Matematika ORC-IX Kompetisi Sains Tingkat Nasional 2022

14. Juara 1 Lomba Daily Activity Milad Muhammadiyah PDM Kota Surakarta 2020

15. Juara Harapan 2 Olimpiade Matematika OMSUKA UIN Universitas Sunan Kalijaga. (Sofyan)

Baca juga: SDN 1 Sedayu Pracimantoro Berbagi, Memaknai Ramadhan dengan Saling Memberi




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top