SMP Negeri 2 Giritontro Sukses Gelar Lomba TPQ Se-Kecamatan "GALAKSI ke-1", Animo Masyarakat Luar Biasa Peserta Puas

Print Friendly and PDF

Penyerahan piala kepada pemenang juara Umum.

SMP Negeri 2 Giritontro Sukses Gelar Lomba TPQ Se-Kecamatan "GALAKSI ke-1", Animo Masyarakat Luar Biasa Peserta Puas

Wonogiri- majalahlarise.com -Pukul 07.00 WIB sampai selesai merupakan langkah awal diadakanya lomba antar TPQ  (Taman Pendidikan Al Qur'an) SMP Negeri 2 Giritontro dengan label "GALAKSI ke 1" (Gebyar Lomba Anak Islami) dengan peserta dari tiga kecamatan yaitu Paranggupito, Giritontro dan Pracimantoro. 

Sejak pukul 6.30 para peserta, pendamping maupun wali santri nampak semangat dalam mengikuti lomba. Saat mereka datang memasuki pintu gerbang telah disambut dengan ramah oleh para siswa kelompok Pramuka sekolah setempat dengan mengatur penataan parkir juga. Para tamu kemudian diarahkan oleh para siswa OSIS untuk daftar ulang dan pembagian snack sambil berjalan dan menunggu acara dimulai mereka di suguhi alunan lagu-lagu Religi yang dibawakan oleh para siswa yang tergabung dalam group Hadroh "Daarul Musthofa" yang pernah menjuarai juara 2 dalam lomba MAPSI tingkat SMP se Kabupaten. Pada saat acara dimulai pembacaan ayat suci Al Quran dihafalkan secara sambung ayat oleh para siswa yang tergabung dalan kelas Tahfidz. Sebelum sambutan-sambutan disuguhi oleh tampilan spektakuler yaitu  pidato islami dengan menggunakan bahasa Inggris tanpa teks oleh siswi kekas VIII A bernama Sheva.

Nampak juga pada saat pembukaan acara tersebut dihadiri oleh para tamu undangan antara lain dari Pengawas Pendidikan Agama Islam(PAI) Kementrian Agama Kabupaten Wonogiri Tutik Rinjani, S.Pd, M.PdI. Tokoh masyarakat (Komite) serta penyuluh dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Giritontro. 

Kepala SMP Negeri 2 Giritontro, Sarno, S.Pd, M.Pd saat memberikan sambutan dihadapan ratusan peserta.


Setelah kegiatan lomba selesai sambil menunggu pengumuman para peserta tamu dan penonton disuguhi dengan alunan karawitan  yang dibawakan oleh para siswa SMPN 2 Giritontro. Terlihat juga para anggota Palang Merah Remaja (PMR) lalu lalang selalu melayani dan membantu  para tamu yang sakit serta membutuhkan pertolongan.

Menurut ketua panitia Sukatmo, S.Pd, M.Pd. tujuan diadakan kegiatan ini  adalah dalam rangka memperingati Hari besar Islam Isra' Mi'raj dan menyambut bulan suci Ramadhan. Selain itu, kegiatan ini sekaligus memperingati HUT SMPN 2 Giritontro yang ke-38.

"Kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi antara warga sekolah dengan masyarakat luas serta memotivasi adik-adik santri TPQ untuk terus giat dalam belajar mengaji," terangnya.

Tutik Rinjani.S.Ag.M.PdI. (pengawas PAI SMP Kabupaten Wonogiri) sedang memberikan sambutan.

Baca juga: Khitan Ceria di SD Muhammadiyah PK Banyudono

Kepala SMP Negeri 2 Giritontro Sarno, S.Pd, M.Pd menambahkan kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat positif dan perlu ditingkatkan,

"Karena sekolah kami ingin memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada seluruh masyarakat luas khususnya  para siswa-siswi yang menjadi anak didik kami. Dengan kegiatan yang semacam ini akan membentuk karakter  anak didik yang kuat agar mampu membentengi diri dari hal-hal yang negatif," terangnya.

Ketua Rohis (kerohanian Islam) yang juga ketua panitia Syarif Aminudin, S.Ag menyampaikan bahwa perlombaan ini gratis tanpa dipunggut biaya. Sedang perlombaan dibagi menjadi 6 jenis lomba antara lain Tartil, Tahfidz, Pidato, Cerdas cermat Islam, Kaligrafi, Adzan. Dalam menjaga netralitas serta obyektifitas nilai kami mengambil juri dari KUA. Untuk juara akan diambil juara Umum, juara 1, 2, 3 masing-masing juara berhak mendapatkan piala, sertifikat dan uang pembinaan.

200-an peserta dan pendamping sedang mengikuti acara pembukaan.


"Kami mewakili panitia tentunya mengucapkan selamat bagi para pemenang dan bagi yang belum bisa menyiapkan untuk tahun depan lebih baik lagi, karena insyaallah kegiatan semacam ini akan diadakan setiap tahun. Kepada semua pihak yang telah membantu jalanya kegiatan ini kami mengucapkan terimakasih dan kami mohon maaf apabila banyak kekurangan," imbuhnya.

Hasil dari perlombaan tersebut antara lain

Juara UMUM diraih oleh TPQ  AT Takwa

Juara 1. CCI dari TPQ. Al Ikhlas Lemahbang Gambirmanis Pracimantoro

Juara  2. CCI dari TPQ At Taqwa Tlogorejo  Pracimantoro 

Juara 3  CCI dari TPQ Al Huda Pakel Johunut Parnggupito


Juara 1 Pidato oleh Alita dari TPQ Usroh Ismail Bakon Pracimantoro.

Juara 2 Pidato oleh  Olivia Latifah dari TPQ Al Ikhlas Karang Gambirmanis Pracimantoro

Juara 3 PIdato oleh Ratasya Nur Aqmar .dari TPQ Al Hikmah Sumur Pracimantoro 


Juara 1 Tartil oleh Syifa dari TPQ Al Hidayatulloh Nujo Gambir Manis Pracimantoro

Juara 2 Tartil oleh Fatimah Zahra Amalia .dari TPQ Al Ikhlas Dungklepu Giritontro

Juara 3 Tartil oleh Umar Zaky. R. dari TPQ Al Barokah Pelet Giritontro 


Juara 1 Tahfidz oleh Azzahra Isnaini Shaela dari TPQ AL Ikhlas Maguan Pracimantoro

Juara 2 Tahfidz oleh Khumaira Nuha Aminudin dari TPQ Az Zahra Sukoroyom Kulon Giritontro

Juara 3 Tahfidz oleh Dhea Natasya dari TPQ Galo Gambirmanis Pracimantoro


Juara 1 Adzan oleh Fatihikul Arrizqi Zafarani dari TPQ At Taqwa Tlogorejo Pracaimantoro

Juara 2 Adzan oleh Restu Raditya dari TPQ As Syifa Giribelah Giritontro

Juara 3 Adzan oleh Muh Naufal Mufidz dari TPQ Baiturrahman Pelem Pracimantoro


Juara 1 Kaligrafi Oleh Bayu Mayestu Putra dari TPQ Al Barokah Pelet Giritontro

Juara 2 Kaligeafi oleh Zafina Nazora Annasya .dari TPQ As Syifa Giribelah Giritontro

Juara 3 Kaligrafi oleh Cantika Melati Putri dari TPQ Baitirrahman Pelem Pracimantoro

Salah satu pembina TPQ Ngasem Giritontro Warsito saat dimintai kesan kegiatan menyatakan luar biasa kegiatan ini sangat memotivasi, menginspirasi dan bermanfaat. Sambutan maupun suguhan dari para siswa yang luar biasa sangat menghibur, kekompakan dari semua panitia dan siswa perlu diacungi jempol akan tetapi kedepan perlu ditingkatkan lagi dengan berbagai macam tingkatan dan jenis lomba. "Semoga SMP Negeri 2 Giritontro selalu jaya, sukses dan menjadi sekolah unggulan dan berkarakter," ungkapnya. (Syarif/ Sofyan)






Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top