Hadirkan Juri dari Dosen DKV ISI Surakarta dalam LKS SMK Graphic Design dan Technology se-Karanganyar Tahun 2023

Print Friendly and PDF

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK 2023 se Kabupaten Karanganyar, Bidang Graphic Design dan Technology. 


Hadirkan Juri dari Dosen DKV ISI Surakarta dalam LKS SMK Graphic Design dan Technology se-Karanganyar Tahun 2023

Karanganyar- majalahlarise.com -Bertempat di SMKN 1 Karanganyar, MGMP Multimedia se Kabupaten Karanganyar menyelenggarakan kegiatan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK 2023 se Kabupaten Karanganyar, Bidang: Graphic Design dan Technology secara on-the spot yang diselenggarakan pada Rabu, 8 Maret 2023.

Dalam kegiatan tersebut ISI Surakarta mengirimkan Ipung Kurniawan Yunianto, S.Sn, M.Sn yang merupakan dosen dari Prodi DKV FSRD ISI Surakarta sebagai Juri Utama bidang keahlian: Graphic Design dan Technology, dimana kegiatan tersebut yang juga merupakan salah satu kontribusi bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat.

Selain Ipung Kurniawan yang didampingi oleh praktisi bidang desain grafis yaitu Sri Rejeki yang juga merupakan praktisi mengajar di Prodi DKV ISI Surakarta, tugas yang dilakukan dalam kegiatan tersebut yaitu untuk melakukan kurasi dan penilaian hasil lomba tersebut.

Baca juga: K3S Kecamatan Wonogiri Studi Tiru di SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta

Andi Saputro, S.Kom selaku ketua MGMP Multimedia Kabupaten Katanganyar menjelaskan, LKS yang diselenggarakan kali ini tidak hanya sekedar untuk menyeleksi siswa terbaik bidang: Graphic Design dan Technology namun juga sekaligus memberikan gambaran bagi peserta mengenai materi uji LKS tingkat nasional, strategi yang ditempuh panitia yaitu, menggunakan pendekatan berupa penyesuaian materi uji keahlian kali ini dengan materi uji keahlian pada tingkat propinsi.

Kegiatan LKS dilaksanakan mulai pukul 08.00 dengan 15 menit awal berupa pengarahan yang dilaksanakan oleh juri kepada para peserta. Kemudian, peserta melanjutkan dengan mengerjakan studi kasus sebanyak 2 modul test yang dikerjakan selama satu hari penuh. Penjurian yang dilakukan melalui pengamatan dan penilaian selektif, dimana karya yang dihasilkan peserta yang merupakan wakil dari tiap SMK di wilayah Kabupaten Karanganyar. 

Ipung Kurniawan Yunianto menjelaskan, adapun materi uji yang dilombakan yaitu terdiri dari memahami brief, redesign visual identity berikut tahapannya, graphic standart manual beserta unsur pelengkapnya serta packaging design yang ditujukan untuk UMKM kerajinan tradisional. Peserta lomba diharapkan mampu menterjemahkan brief yang disampaikan dalam bentuk rancangan redesain komunikasi visual persuasif yang mampu menunjang faktor pemasaran UMKM kerajinan tradisional.

LKS yang diselenggarakan ini diikuti 6 perwakilan sekolah yang memiliki bidang keahlian Graphic Design dan Technology di wilayah Kabupaten Karanganyar, sedangkan SMKN 1 Karanganyar sebagai tuan rumah penyelenggara kegiatan yang  dipercaya oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar.

“Melalui LKS SMK ini, diharapkan dapat menjadi daya ungkit ekosistem yang sehat dan kompetitif dalam bidang Graphic Design dan Technology, serta bertumbuh dalam budaya yang silih asih dan asuh. Selanjutnya dukungan segenap pihak  sangat diperlukan dalam menyiapkan peserta didik menjadi generasi bangsa yang kelak turut andil dalam kemajuan Indonesia,” terang Ipung. 

“Pemenang lomba ini akan mewakili Kabupaten Karanganyar untuk bertanding di tingkat Provinsi Jawa Tengah nantinya.,” pungkas Ipung. (Sofyan)


Baca juga: 4 Inovasi Program Komite Sekolah Penggerak SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top