Siswa SLB B-C YSBPD Wuryantoro Membatik Bersama Batik Cikal

Print Friendly and PDF

Siswa SLB B-C YSBPD Wuryantoro saat membuat batik tulis. 


Siswa SLB B-C YSBPD Wuryantoro Membatik Bersama Batik Cikal

Wonogiri- majalahlarise.com -Secara bergantian siswa SLB menciprat cairan malam bahan batik menggunakan canting di atas bentangan kain putih yang sudah dipersiapkan sebagai media membatik. Ada juga yang menggambar pola bebas di atas kain yang nantinya akan dibatik. Itulah seklumit pemandangan yang terjadi di SLB B-C YSBPD Wuryantoro dalam kegiatan bertajuk Mbabati Cikal atau Mbatik Bareng Batik Cikal. Rabu (11/1/2023).

Kepala SLB B-C YSBPD Wuryantoro, Agus Dwi Surahman menyampaikan kegiatan membatik peserta didik berkebutuhan khusus SLB bersama batik tulis Cikal Pracimantoro ini sebagai implementasi dari kurikulum merdeka belajar dalam membentuk profil pelajar Pancasila anak berkebutuhan khusus yang kreatif dan mandiri.

"Kegiatan ini dapat menjadi bekal dalam tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus sesuai zaman dan kodratnya," tuturnya.

Siswa SLB B-C YSBPD Wuryantoro saat membuat batik ciprat.

Baca juga: Kunjungi DKV ISI Surakarta, Rombongan Siswa SMK Multimedia Sumbangsih Jakarta Selatan Tambah Wawasan

Sementara itu, pelatih membatik dari Batik Tulis Cikal Pracimantoro Munadi mengatakan tema membatik yang dipilih yaitu batik ciprat khusus disabilitas agar mudah dipahami dan mengajarkan batik tulis untuk tunarungu. 

"Dari teknik yang diajarkan anak-anak sudah mendekati bisa dan bisa mencanting. Kedepannya nantinya anak-anak SLB bisa membuat batik, kami siap untuk memasarkan hasil karyanya," ucapnya.

Disinggung ciri khas atau tema batik yang bisa dibuat anak-anak SLB Wuryantoro, pihaknya menyarankan bisa mengangkat tema ciri Wonogiri yaitu batik Waduk Gajah Mungkur. 

"Harapan ke depan anak-anak bisa menghasilkan batik ciprat maupun batik tulis yang bisa dipasarkan ke warga masyarakat. Saya berharap pemerintah kecamatan bisa ikut berpartisipasi ikut memasarkan produk batik dari anak-anak SLB," harapnya. (Sofyan)


Baca juga: Kakankemenag Kabupaten Kebumen Berikan Apresiasi Kepada Master Setiawan


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top