Kunjungi DKV ISI Surakarta, Rombongan Siswa SMK Multimedia Sumbangsih Jakarta Selatan Tambah Wawasan

Print Friendly and PDF

Rombongan siswa saat SMK Multimedia Sumbangsih Jakarta Selatan saat menerima pemaparan tentang seputar desain komunikasi visual. 


Kunjungi DKV ISI Surakarta, Rombongan Siswa SMK Multimedia Sumbangsih Jakarta Selatan Tambah Wawasan

Solo- majalahlarise.com -Kunjungan ini adalah kali kedua SMK Multimedia Sumbangsih, Jakarta Selatan ke ISI Surakarta, dimana kunjungan sebelumnya dilakukan pada Selasa, 4 Januari 2022. Jika kunjungan sebelumnya para siswa dan guru mendapatkan wawasan tentang multimedia, fotografi, hingga film dan televisi, kali ini mereka mendapatkan wawasan khusus di bidang DKV. 

Sebanyak 120 siswa dan 20 guru SMK Multimedia Sumbangsih berkunjung ke Prodi DKV ISI Surakarta. Kunjungan pada Selasa, 10 Januari 2023 ini diikuti oleh para siswa kelas X dan XI dari Program DKV, Animasi, dan Multimedia. Selama kunjungan, para siswa dan guru mendapatkan berbagai wawasan seputar desain komunikasi visual. 

Kunjungan ini pun disambut langsung oleh Wakil Dekan III FSRD, Ahmad Fajar Ariyanto, S.Sn., M.Sn. di ruang Laboratorium Produksi TV, Gedung IV, FSRD, ISI Surakarta. Setelahnya, Gatot Eko Cahyono, S.Sn. selaku guru pembimbing juga menyampaikan sambutan yang berharap dengan adanya kunjungan ini para siswa mendapat lebih banyak wawasan di bidang multimedia, khususnya DKV.

Baca juga: Kakankemenag Kabupaten Kebumen Berikan Apresiasi Kepada Master Setiawan

Acara inti dalam kunjungan ini dimulai dengan pengenalan profil ISI Surakarta kepada para siswa dan guru diawali dengan pemutaran video profil dan dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang berbagai prodi yang ada. Pemaparan ini disampaikan langsung oleh Pranata Humas ISI Surakarta, Mulyadi, S.Sos. Selain itu, Mulyadi juga menyampaikan tata cara pendaftaran dan proses seleksi masuk perguruan tinggi seni di Surakarta ini.

Setelah mendapat materi pengenalan profil ISI Surakarta, para siswa dan guru mendapat materi detail tentang DKV. Penyampaian materi dilakukan langsung oleh Kapordi DKV ISI Surakarta, Asmoro Nurhadi Panindias, S.Sn., M.Sn. dengan topik yang disampaikan diawali dengan pengertian DKV dan ruang lingkup beserta perannya. Selanjutnya, Asmoro juga menyampaikan apa saja yang dipelajari, berbagai prestasi, dan aktivitas penunjang kreativitas di Prodi DKV ISI Surakarta. 

Menurut Asmoro dari kegiatan kunjungan ini berharap nantinya para siswa SMK Sumbangsih yang ingin menjadi desainer tidak sekadar mampu mengolah pesan dan visual, namun juga peka pada fenomena sosial.

Tidak berhenti di situ, materi selanjutnya disampaikan oleh Basnendar Herry Prilosadoso, S.Sn., M.Ds. Lebih detail lagi, kali ini Basnendar memperlihatkan berbagai karya kreatif poster dan lainnya agar siswa mendapatkan gambaran tentang apa saja yang bisa diciptakan oleh seorang desainer komunikasi visual. Basnendar pun juga bercerita tentang pengalamannya dalam menciptakan karya hingga mendapatkan penghargaan MURI dan mengikuti beragam pameran nasional maupun internasional. Ia juga berpesan, untuk menjadi desainer atau pelaku industri kreatif cukup mudah. Hanya bermodal menjalin koneksi lewat kemudahan tekonologi digital, siapa pun bisa dan mampu.

Sedangkan menurut salah satu guru pembimbing, Gatot Eko Cahyono, S.Sn menyatakan sangat terkesan dan banyak mendapat wawasan dan pengetahuan kepada siswa sehingga bisa menambah kompetensi saat duduk di bangku sekolah kedepannya.

Terakhir, sebelum rangkaian acara ditutup, para siswa dan guru dipersilakan untuk mengajukan pertanyaan. Selanjutnya, rangkaian acara pun ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan, berfoto bersama, dan mengungjungi Prodi DKV ISI Surakarta di Gedung V. (Sofyan)


Baca juga: PT Intan Pariwara Gelar Workshop Sales Culture to Action


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top