Pelantikan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kota Surakarta Periode tahun 2022-2025

Print Friendly and PDF

Prosesi Pelantikan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kota Surakarta Periode tahun 2022-2025.


Pelantikan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kota Surakarta Periode tahun 2022-2025 

Solo- majalahlarise.com -Ketua dan pengurus daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kota Surakarta periode tahun 2022-2025 dilantik oleh Itmamudin, SS., M.IP selaku Ketua IPI Propinsi Jawa Tengah.  Acara ini berlangsung pada hari Rabu, 18 Januari 2023 bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surakarta, Jl Hasanudin No. 112 Punggawan Surakarta. Pengurus IPI Kota Surakarta yang hadir dan dilantik merupakan pustakawan dari beberapa Perguruan Tinggi, Sekolah dan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surakarta.

Sebelum acara pelantikan berlangsung, diawali dengan seminar kepemimpinan dalam berorganisasi oleh motivator sekaligus dosen dari Universitas Sebelas Maret Surakarta yakni Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum. Pada kesempatan tersebut paling tidak Rohmadi menyampaikan bahwa dalam bekerja perlu membangun sistem keyakinan dengan niat Lillahi Ta’allaa, karena kita senantiasa memperoleh ilmu dan menjadi ladang amal bagi kita. Bagaimana kita mengemban amanah dengan melihat identifikasi masalah dan berguru kepada senior atau ketua lama, PR atau pekerjaan rumahnya apa, prioritasnya apa yang perlu dibenahi. Bagaimana progres pustakawan IPI Kota Surakarta. Membangun jejaring, kerjasama antar IPI dan memanusiakan manusia, dan saling menghargai. Membuat target minimal 2 kali kegiatan dalam 1 tahun, IPI hendaknya hadir dalam memotivasi pustakawan. Hal ini bisa dilakukan dengan berkolaborasi, IPI dengan instansi seperti UNS, ISI Surakarta dan lainnya. Perlunya kita meletakkan integritas dan komitmen kelembagaan yang kuat, tidak hanya mengandalkan seorang ketua. Setiap kegiatan kita kawal dan kita evaluasi. Inilah kiranya yang perlu kita lakukan agar  suatu organisasi dapat berkembang dengan baik, tidak mati suri. 

Pada kesempatan yang sama setelah melantik, Itmamudin selaku Ketua IPI Propinsi Jawa Tengah dihadapan pengurus yang hadir memberikan wejangan  mengharapkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menjadi pembina IPI, dan termasuk membantu dalam hal anggaran. Mengharapkan sumbangsih semua pengurus dan IPI bisa berkontribusi ke pustakawan daerah maupun Propinsi Jawa Tengah. Ketua lama terus membimbing, jangan langsung meninggalkan pengurus baru. Jangan lagi mati suri, saling bekerja sama terutama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Mempunyai tugas  membangun eksternal dan internal yakni membangun Kota Surakarta dan membuat program kegiatan yang sedang dibutuhkan. Harus mau berjuang, jangan tergantung ketua, bahwa Kota Solo gudangnya pustakawan. IPI aktif tergantung bapak ibu semua, kalau bukan kita siapa lagi.


Baca juga: Tugas Mata Kuliah Mahasiswa Angkatan 2022 DKV ISI Surakarta Pamerkan Lewat Tema Pixel Game

Selanjutnya Ibu Sapta Hermawati, SH., MM, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Jawa Tengah menyampaikan bahwa masyarakat belum begitu mengenal IPI itu apa, pustakawan itu siapa, bahkan ada yang baru mendengar. Namun, sebenarnya pustakawan merupakan profesi yang telah diakui seperti halnya profesi guru, profesi dokter dan lainnya. Bahkan IPI sendiri telah memiliki visi, misi dan tujuan. Untuk itu perlu strategi bagaimana agar baik pustakawan maupun IPI dapat dikenal masyarakat. Selain itu peran IPI diharapkan dapat memecahkan masalah bidang kepustakawanan sehingga bermanfaat bagi anggotanya dan masyarakat pada umumnya, hingga mendukung mewujudkan Indonesia maju.

Sedangkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surakarta, Drs. Rakhmad Sutomo, M.Pd menyampaikan terima kasih telah hadir di tempat atau aula kami, selamat kepada segenap pengurus IPI Kota Surakarta. Semoga dapat mengemban amanah dan memajukan kepustakawanan di kota Surakarta.

Menurut Ketua IPI Kota Surakarta yang baru periode Tahun 2022-2025, Sri Utari, M.A. menyatakan telah memiliki program kerja pengurus IPI Kota Surakarta, antara lain mengadakan rapat pengurus secara berkala, 2 bulan 1 kali baik secara luring maupun daring dan setiap seksi sebaiknya melaporkan progresnya. Mengadakan even kepustakawanan 2 kali dalam 1 tahun, dapat berupa seminar dan pelatihan. Mengembangkan layanan pendaftaran anggota IPI secara online (website), termasuk update anggota IPI.

Setelah rangkaian acara pelantikan berakhir kemudian dilanjutkan rapat kerja (raker) seluruh pengurus IPI Kota Surakarta, dalam raker ini dibicarakan rencana atau program-program yang akan dilaksanakan oleh IPI pada tahun depan atau periode 2022-2025. Agenda yang paling awal yakni akan diadakan pelatihan penulisan karya ilmiah dengan output berupa buku yang direncanakan dilaksanakan pada Bulan Mei 2023. (Sofyan)

Baca juga: Daftar Peraih Juara MQK dan Hifdzil Alfiyah pada Porseni NU 2023


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top