DOP film Mencuri Raden Saleh Jadi Narasumber Creative Sharing Program KKN Tematik MBKM FSRD ISI Surakarta

Print Friendly and PDF

Narasumber Bagoes Tresna Adjie (Director of Photography film Mencuri Raden Shaleh) saat foto bersama mahasiswa KKN Tematik MBKM FSRD ISI Surakarta.


DOP Film Mencuri Raden Saleh Jadi Narasumber Creative Sharing Program KKN Tematik MBKM FSRD ISI Surakarta

Solo- majalahlarise.com -Kegiatan yang dikemas dengan format talkshow ini dibagi dalam beberapa segmen, yaitu Filmmaking 101 Class, dengan materi Sinematografi bersama narasumber Bagoes Tresna Adjie (Director of Photography film Mencuri Raden Shaleh), segmen Social Media Content membahas tentang content creative dengan narasumber Minke (Raihan Adam), terkait salah satu influencer Tiktok, dan Nature & Culture yang disampaikan oleh Rizal Daffa Diatama dan bahasan desa wisata kreatif oleh Dhea Vinda.

Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta telah menyelenggarakan KKN Tematik, Merdeka Belajar Kampus Merdeka, di Desa Pranan, Polokarto, Sukoharjo, Jawa Tengah dengan salah satu kegiatan penunjang berupa Creative Sharing dan Social Media Content bekerja sama dengan Sony Indonesia.

Creative Sharing Film & Social Media Content ini didasari oleh kepedulian mahasiswa terhadap potensi kreatif di industri film dan konten sosial media serta upaya pengembangan desa wisata Pranan melalui konten kreatif yang dihadiri oleh sineas, seniman, creative agency, dosen, mahasiswa, pelajar, dan seluruh elemen masyarakat terlibat dalam ruang diskusi kreatif ini diselenggarakan pada Senin, 19 Desember 2022 di Hotel Nestagar, Grogol, Sukoharjo.

Baca juga: Pelantikan Peleton Inti Pramuka dan Sertijab Dewan Penggalang SMP Negeri 8 Surakarta Tahun 2023

Kegiatan yang digelar dengan tujuan sebagai ajang diskusi dalam memberikan motivasi, pengetahuan, dan solusi di bidang film dan konten kreatif dengan lingkup peserta Eks-Karesidenan Surakarta yang dibuka oleh Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indoensia Surakarta, Dr. Ana Rosmiati, S.Pd., M.Hum.

Acara ini dihadiri oleh siswa Sekolah Menengah Atas dan sederajat di  Eks-Karesidenan Surakarta, mahasiswa UNS, UMS, dan ISI Yogyakarta, Karang Taruna, dan perangkat Desa Pranan.

Acara juga dihadiri seorang Alpha Guru dan Brand Ambassador Sony Indonesia yang juga didukung Vista Digital sebagai dealer resmi Sony Indonesia di Solo Raya, acara ini membuka kesempatan bagi ISI Surakarta untuk berkolaborasi dengan Sony Indonesia. Sebagai sponsor utama, Sony Indonesia juga memberi dukungan fasilitas deretan lini kamera dan lensa dari Sony. 

Bagoes Tresna Adji salah satu pemateri mengungkapkan apresiasinya “Thank you banget teman-teman yang sudah berkerja keras untuk menjadikan acara ini Creative Sharing 2022 menjadi acara yang menurutku asik banget! dan keren karena pesertanya banyak dan ga cuman pesertanya itu yang anak kuliahan tapi juga ada anak SMA dan SMK jadi bisa membuka mataku karena pada dasarnya aku sebagai speakers biasanya berhadapan dengan teman-teman yang sudah profesional tapi ini banyak banget yang baru dan mengetahui lebih lanjut lagi tentang bagaimana sih cara membuat film, bagaimana sih cara menjadi sinematografer, terus juga antusiasmenya tinggi banget dan aku ngerasa wow aku menemukan bibit-bibit yang memang baru banget nih untuk menjadi something di departemen kamera atau dibidang filmmaking, jadi aku seneng banget dengan adanya acara ini," paparnya.

Farid Kosasih sebagai ketua pelaksana kegiatan, menjelaskan bahwa Program MBKM KKN Tematik yang diselenggarakan oleh Fakultas Seni Rupa dan Desain, ISI Surakarta dalam kegiatan Creative Sharing Film & Social Media Content sebagai bentuk rasa kepedulian serta pengabdian mahasiswa ISI Surakarta untuk masyarakat luas dengan dengan beberapa segmen yang saling berkorelasi dan relevan di era globalisasi digital ini. Farid berharap, acara ini menjadi langkah awal sineas muda serta content creator untuk mengembangkan potensi dirinya dan terus berkarya.

Sedangkan Wakil Dekan Bidang I FSRD ISI Surakarta, Sri Wastiwi Setiawati, S.Sn., M.Sn menjelaskan bahwa mahasiswa peserta KKN Tematik MBKM FSRD ISI Surakarta di Desa Pranan berharap Creative Sharing Film & Social Media Content ini dapat memberikan manfaat untuk masyarakat luas serta mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi dari sektor pariwisata digital kreatif. Semoga kerjasama yang telah dibangun antara ISI Surakarta dan Sony Indonesia akan terus berlanjut di event berikutnya. (Sofyan)

Baca juga: Jumynem Ceria, Siswa Diajak Menanam di Sekolah



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top