Pelantikan Peleton Inti Pramuka dan Sertijab Dewan Penggalang SMP Negeri 8 Surakarta Tahun 2023

Print Friendly and PDF

Penandatanganan berita acara serah terima jabatan Dewan Penggalang periode 2022/2023 kepada Dewan Penggalang periode 2023/2024.


Pelantikan Peleton Inti Pramuka dan Sertijab Dewan Penggalang SMP Negeri 8 Surakarta Tahun 2023

Solo- majalahlarise.com -SMP Negeri 8 Surakarta mengadakan kegiatan pelantikan pleton inti Pramuka angkatan masa bakti 2023/2024 dan serah terima jabatan masa bakti 2022/2023 kepada masa bakti 2023/2024 pada hari Jum’at tanggal 20 Januari 2023 pada pukul 13.00 – 13.45 WIB bertempat di halaman sekolah.

Dewan Penggalang dan Peleton Inti (Tonti) Pramuka Gugus Depan 04.1099 / 04.100. Pangkalan SMP Negeri 8 Surakarta Kwartir Ranting Jebres Surakarta dengan peserta sejumlah 21 anggota Dewan Penggalang dan 35 anggota Peleton Inti telah dilantik.

Pelantikan dilaksanakan Jumat, 20 Januari 2023 di halaman SMP Negeri 8 Surakarta, Kamabigus Triad Suparman M.Pd, Pembina Pramuka Christina Endah Setyowati, S.Pd., Rori Khoirudin, M.Pd. dan Herviyanti Chandra Prahesti, S.Pd.

SMP Negeri 8 Surakarta yang dipimpin Triad Suparman M.Pd, termasuk kategori Pramuka Penggalang, karena siswanya usia sekitar 11 – 15 tahun. Kriteria yang digunakan dalam pemilihan ini antara lain keaktifan membina, rajin, tanggung jawab, kreatif dan percaya diri. Dewan Penggalang adalah anak-anak yang mengabdikan diri kepada Pembina dalam kegiatan kepramukaan. Dewan Penggalang ini untuk kelas VIII (delapan). Sedangkan untuk Pleton Inti (Tonti) khusus kelas VII (tujuh) adalah anak-anak yang mengabdikan diri dalam kegiatan Pramuka untuk menggantikan Dewan Penggalang.


Baca juga: Jumynem Ceria, Siswa Diajak Menanam di Sekolah

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. mengucapkan selamat atas dilantiknya Dewan Penggalang juga menyampaikan agar semangat dalam pengabdian, berkarya sekuat tenaga. Harapannya semoga di masa yang akan datang lebih ditingkatkan dari segala macam ekspresi, penuh dengan kreasi inovasi. 

Selanjutnya Kakak Pembina, Rori Khoirudin, M.Pd menyampaikan amanat dalam pelantikan bahwa intinya menjadi Dewan Penggalang itu harus bisa merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan kepramukaan. "Semoga dengan dilantiknya Dewan Penggalang yg sekarang bisa mewakili kegiatan2/ lomba2 kepramukaan baik di Kwartir Ranting / Cabang, bahkan sampai Nasional," harapnya.

Dalam mengikuti Pramuka jangan merasa terpaksa, tetapi ikutilah dengan gembira dan selalu mengasah ketrampilan. Materi yang ada harus dikuasai yaitu menyangkut teori dan praktek misalnya sandi morse, semaphore, tali temali. Anggota Pramuka harus mempunyai jiwa mandiri. Menjalankan Tri Satya dan Dasa Dharma dalam kehidupan sehari-hari, khususnya hemat, cermat dan bersahaja.

Kamabigus Pramuka SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. melaksanakan tugas penandatanganan berita acara serah terima jabatan Dewan Penggalang periode 2022/2023 kepada Dewan Penggalang periode 2023/2024. Kegiatan Pramuka SMP Negeri 8 Surakarta yang dijadikan ekstrakurikuler di setiap hari Jum’at merupakan kegiatan yang dapat membantu membentuk karakteristik anak menjadi pribadi yang lebih berani, tangguh dan bertanggung jawab.

Dewan Galang dan Pleton Inti dalam pelantikan, sanggup untuk berlatih belajar berbakti kepada bangsa dan negara, di dalam melatih dan membina watak / pribadi, kedudukan sebagai calon pengabdi masyarakat sanggup melaksanakan hal itu secara adil, serasi, seimbang antara hak dan kewajiban. Selain itu, bersedia ikut membangun masyarakat, butuh keuletan, ketekunan dan kejujuran, disiplin dan tanggung jawab, bahkan pengorbanan. 

Acara pelantikan Dewan Penggalang dan Peleton inti ini dimulai pada pukul 13.00 WIB, yang menjadi Pratama adalah Najwa Maharani, Kakak Pembina, Rori Khoirudin, M.Pd. dan pembacaan doa oleh Naia Vernandhita P. berakhir pada pukul 13.45 WIB.

Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap Pramuka sesuai visi sekolah bahwa Peserta Pramuka memiliki kepribadian yang berprestasi, berbudaya, berwawasan lingkungan, berdasarkan iman dan taqwa. Semangat untuk Depanska Jaya! (Sofyan) 

Baca juga: FKKS SD/MIM Kabupaten Boyolali Adakan Trofeo Cup 2023 Diikuti 8 Grup Tim Futsal



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top