PMB Unisri Surakarta Tahun Akademik 2023/ 2024, Targetkan Pencapaian Pendaftar 3000 Calon Mahasiswa

Print Friendly and PDF

Wakil Rektor III Unisri, Prof. Dr.Sutoyo, M.Pd. didampingi Ketua PMB Jaka Hartana, S.Pd. saat menyampaikan keterangan pers terkait pelaksanaan PMB Tahun akademik 2023/ 2024.


PMB Unisri Surakarta Tahun Akademik 2023/ 2024, Targetkan Pencapaian Pendaftar 3000 Calon Mahasiswa

Solo- majalahlarise.com -Pada pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2023/ 2024, Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menargetkan perolehan calon mahasiswa sebanyak 3000 yang mendaftar dan minimal 2000 yang melakukan regestrasi diterima. Hal ini disampaikan Wakil Rektor III Unisri, Prof. Dr.Sutoyo, M.Pd. didampingi Ketua PMB Jaka Hartana, S.Pd. saat menyampaikan keterangan pers kepada awak media. Jumat (30/12/2022) di ruang sidang kampus.

"Kami sudah siap melakukan penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023/ 2024 dimulai tanggal 2 Januari 2022. Baik siap SDM panitia sudah diberikan pembekalan menyambut melayani calon mahasiswa baru. Secara sarana dan prasarana sudah siap, tempat pendaftaran, tempat tes termasuk instrumen yang mendukung pendaftaran. Siap mental untuk menerima apapun yang terjadi termasuk luapan pendaftaran," paparnya.

Lebih lanjut dijelaskan, jadwal pendaftaran ada tiga gelombang yaitu gelombang dini tanggal 2 Januari sampai 22 April 2022, gelombang I tanggal 24 April sampai 22 Juli 2022 dan gelombang III tanggal 23 Juli sampai 31 Agustus 2022. Jalur penerimaan mahasiswa ada jalur reguler atau biasa yang mendaftar langsung secara offline maupun online. Jalur prestasi diperuntukan calon mahasiswa yang merupakan prestasi dari SLTA dibuktikan nilai rapot semester 1-5 rata-rata minimal 80. Jalur beasiswa ada beasiswa KIP-Kuliah, beasiswa berprestasi, beasiswa PPA, beasiswa BPMKM, beasiswa afirmasi, beasiswa Bank Indonesia, beasiswa olahraga dan seni, beasiswa dari YPT Slamet Riyadi, beasiswa dari BUMN atau perusahaan swasta nasional.

Baca juga: IKAHUM Unisri Adakan Baksos

"Sekarang ada jalur afirmasi. Beasiswa diberikan dari pemerintah yang diperuntukan bagi calon mahasiswa dari Papua Barat dan Papua termasuk dari daerah 3T (Terluar, Terpencil, Tertinggal) dasarnya dari KTP bersangkutan. Termasuk putra-putri TKI (Tenaga Kerja Indonesia) yang di luar negeri bisa masuk," ungkapnya.

Disampaikan pula, tahun ini Unisri menerima calon mahasiswa disabilitas termasuk disabilitas tuna netra yang sudah dipersiapkan bekerjasama dengan YPAC dan Dinas Sosial yang penanganannya juga diberikan beasiswa.

"Kalau tunarungu dan tunawicara sudah kita ujicoba dan meluluskan. Unisri akan memberikan fasilitas kepada para disabilitas yang menghendaki kuliah, punya kemauan dan kemampuan. Tetap melalui seleksi karena yang diutamakan akademik," tuturnya.

Terkait biaya kuliah, Prof. Sutoyo menambahkan biaya kuliah di Unisri itu terjangkau, termurah. "Untuk prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini biaya SPK (Sumbangan Pengembangan Kampus) dibebaskan atau tidak dipungut," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua PMB Unisri Jaka Hartana, S.Pd berharap perolehan calon mahasiswa tahun akademik 2023/ 2024 mencapai target yang telah ditentukan.  Minimal melebihi kuota tahun kemarin. (Sofyan)


Baca juga: Kolaborasi, Kunci Sukses Solo Kota Cerdas Pangan



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top