Belajar Motion Desain, Siswa SMK Marsudirini Sambangi DKV ISI Surakarta

Print Friendly and PDF

Siswa praktik membuat motion design dengan didampingi Hanif Almadani Utomo, mahasiswa semester V.


Belajar Motion Desain, Siswa SMK Marsudirini Sambangi DKV ISI Surakarta

Solo- majalahlarise.com -Sebanyak 20 siswa dan empat guru pendamping dari Jurusan DKV SMK Marsudirini Marganingsih Surakarta melakukan kunjungan sebagai upaya menambah pengetahuan dan wawasan seputar bidang desain komunikasi visual, khususnya materi tentang motion design. 

Kunjungan yang berlangsung Senin, 12 Desember 2022 di Ruang Laboratorium Komputer, lantai 3  Gedung V Jurusan Desain, FSRD ISI Surakarta tersebut merupakan bentuk kerja sama antar dua institusi. Seiring dengan adanya Program Merdeka Belajar, SMK pun dituntut untuk mengembangkan keahlian guru dan siswanya melalui kunjungan ini ingin belajar langsung dari Prodi DKV ISI Surakarta, khususnya dalam hal animasi.

Dalam kunjungan ini, rangkaian acara yang dibuka langsung oleh Kaprodi DKV, Asmoro Nurhadi Panindias, S.Sn., M.Sn. yang mana selain memberikan sambutan, juga menjelaskan secara singkat profil Prodi DKV ISI Surakarta hingga capaian prestasi mahasiswa di bidang animasi. Setelah itu, pihak SMK Marsudirini Marganingsih Surakarta turut memberikan sambutan yang diwakili oleh salah satu guru pendamping, V. Widi Martono, S.Pd.


Baca juga: SMPN 8 Surakarta Gelar Karya "Gaya Hidup Berkelanjutan dan Kewirausahaan" P5

Masuk kegiatan utama berupa praktik pembuatan motion, dimana siswa dibekali dengan materi singkat tentang motion design yang disampaikan salah satu dosen,  M. Harun Rosyid Ridlo, M.Sn. seperti materi yang meliputi bentuk motion design, efektivitas motion design, hingga pemanfaatan motion design dalam berbagi tujuan komunikasi.

Setelah itu, siswa mulai mencoba praktik membuat motion design dengan didampingi Hanif Almadani Utomo, mahasiswa semester V yang mengawali dengan pemaparan  karya motion graphic yang pernah dibuatnya.

Selanjutnya, materi mengenai software Adobe After Effects, prinsip pembuatan motion design dan cara menggerakkan elemen-elemen motion design, mulai dari transformasi ukuran, posisi, transparansi, hingga rotasi. Meskipun materi baru bagi para siswa, mereka terlihat antusias dan mengikuti praktik dengan baik dari awal sampai sekesai kegiatan. 

Sebelum rangkaian acara ditutup, Widi Martono selaku guru pendamping menyampaikan harapannya, “Semoga apa yang sudah dipelajari siswa dapat menjadi bekal dan pengetahuan tentang DKV sebagai bekal peningkatan kompetensi kedepannya” dalam rilis yang dikirim.

Selanjutnya menurut Asmoro Nurhadi Panindias selaku Kaprodi DKV bahwa kunjungan ini sebagai wujud kepedulian prodi dan kampus dalam ikut berupaya meningkatkan kompetensi siswa khususnya motion design.

Kegiatan yang berlangsung dalam satu hari ini diakhiri dengan berfoto bersama antara siswa, guru pendamping, mahasiswa beserta dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta. (Sofyan)


Baca juga: Digitalisasi Mantab Jadi Jujukan Studi Tiru IKM




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top