Adi Prasetiyo, Siswa SMP Veteran Manyaran Raih Juara 1 Matematika OSN SMP Tingkat Kabupaten

Print Friendly and PDF

Adi Prasetiyo membawa piagam penghargaan juara 1 OSN SMP Tingkat Kabupaten saat foto bersama Kepala SMP Veteran Manyaran, Sri Handayani.


Adi Prasetiyo, Siswa SMP Veteran Manyaran Raih Juara 1 Matematika OSN SMP Tingkat Kabupaten

Wonogiri- majalahlarise.com -Terus belajar dan berlatih menjadi kunci keberhasilan meraih prestasi. Itulah yang dilakukan Adi Prasetiyo siswa kelas IX SMP Veteran Manyaran berhasil meraih juara 1 bidang matematika pada Olimpiade Saint Nasional (OSN) SMP Tingkat Kabupaten yang diselenggarakan pada bulan Agustus 2022.

Prestasi yang diraih Adi Prasetiyo menjadi kebanggaan bagi sekolah, sebab selama mengikuti OSN baru kali ini berhasil meraih juara 1. 

"Saya senang dan bersyukur mendapatkan juara 1 OSN matematika tingkat Kabupaten Wonogiri. Awalnya saya dipilih tidak mau ikut OSN. Berkat dukungan dan motivasi dari bapak dan ibu guru, saya mencoba berlatih dan terus belajar bisa rumus-rumusnya lalu saya ikut lomba," terangnya.

Baca juga: SMA Pancasila 3 Paranggupito Bersama 16 SMA/ SMK Dalam Lokakarya 7 Angkatan 4 Provinsi Jawa Tengah

Lebih lanjut, laki-laki yang tinggal di dusun Platar Kelurahan Pijiharjo ini menceritakan ada dua sampai tiga soal yang diujikan kesulitan mengerjakan. Tapi tetap menyelesaikan soalnya. Dia juga meyakini bahwa soal matematika itu mudah dan menyenangkan jika sudah tahu rumus dan langkah penyelesaian soalnya.

"Materi soal yang dilombakan diantaranya persamaan, persamaan kadrat, fungsi kuadrat dan lainnya. Saya berlatih di sekolah garap soal-soal seminggu dua kali selebihnya saya belajar di rumah," ungkap anak dari pasangan Reni dan Mulyanto.

Sementara itu, Kepala SMP Veteran Manyaran Sri Handayani saat ditemui di ruang kerjanya menyampaikan Olimpiade Saint Nasional (OSN) 2022 dilaksanakan secara daring dan prestasi yang diraih Adi Prasetiyo ini tingkat provinsi masuk 10 besar. Sedangkan di Wonogiri masuk peringkat 1 bidang matematika.

"Adi ini anaknya rajin, pendiam, diberi tanggungjawab bisa dijalankan dengan baik. Dia mengikuti arahan dan bimbingan dari guru pembimbing mapel matematika M. Muqorrobin Fuadi, S.Pd. Saya yakin siswa kalau dibimbing dengan sungguh-sungguh pasti bisa meraih prestasi meskipun sekolah swasta," tuturnya.

Disampaikan pula, adanya media internet dan media sosial juga ikut mendukung keberhasilan Adi Prasetiyo meraih prestasi mencari referensi soal-soal matematika terbaru untuk latihan.

"Anak-anak sekarang bisa latihan contoh-contoh soal sudah ada jawabannya dan cara penyelesainnya. Matematika itu sebenarnya mudah dikerjakan jadi senang. Kunci mempelajari matematika itu teliti dan cermat," ujarnya.

Wanita yang akrab disapa Bu Handayani ini berharap pada OSN berikutnya siswa didiknya bisa meraih prestasi lagi tidak hanya mata pelajaran matematika. "Anak punya potensi masing-masing. Kita tinggal dampingi, mengajari dan siswa belajar sungguh-sungguh," harapnya. (Sofyan)


Baca juga: Penting Praktik Klinik Kesehatan Reproduksi Diajarkan Sejak Dini



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top