SMPN 2 Pracimantoro Laksanakan Simulasi PEMILOS “Suara Demokrasi”

Print Friendly and PDF

 

Pelaksanaan simulasi PEMILOS "Suara Demokras" oleh siswa kelas 7 SMPN 2 Pracimantoro. 

SMPN 2 Pracimantoro Laksanakan Simulasi PEMILOS “Suara Demokrasi”

Wonogiri- majalahlarise.com -Telah terselenggara pelaksanaan kegiatan berbasis “simulasi” Pemilihan Organisasi Intra Sekolah,(PEMILOS) pada seluruh peserta didik kelas 7 (tujuh) di SMP Negeri 2 Pracimantoro. Puncak pemilihan dilaksanakan pada Sabtu, 6 Agustus 2022 tentang tema pemahaman “Suara Demokrasi”, kurikulum “MERDEKA” penerapan (P5) Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Guru Bimbingan dan Konseling (BK) Heny Listyaningsih, SE, S.Pd di sela kegiatan pemaparan pemahaman “Suara Demokrasi” Selasa, 2 Agustus 2022, menyampaikan pihaknya mengacu pada empat program pokok kependidikan yang salah satunya adalah (RPP) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, perbaikan mutu pembelajaran pada pendidik dan sekolah dapat dilakukan dalam produk praktik baik.

Di mulai dari tanggal 2, 3, dan 4 Agustus 2022, dalam penyampaian kegiatan yang bertema “Suara Demokrasi”, agar anak secara dini mulai memahami apa demokrasi, fungsi dan manfaat demokrasi dalam masyarakat, dan berperan secara demokrasi bermasyarakat. Namun cukup menarik dan mudah di pahamkan dalam penerapan pembelajaran karena dihubungkan dengan giat internal sekolah.

“Bicara demokrasi simbolnya organisasi kata Pegiat Literasi di Wonogiri. Kalimat tersebut menginisiasi kami untuk menjadi bahan praktik baik kepada peserta didik yang tidak keluar dari ruang lingkup belajarnya yaitu sekolah”, jelas guru BK.

Disampaikan pula, harapan kegiatan ini untuk pengembangan sumber daya manusia terutama pada peserta didik, dan umumnya kepada seluruh elemen sekolah dengan adanya giat lanjutan.

“BK SMP Negeri 2 Pracimantoro juga mengacu pada RPL BK Kurikulum merdeka belajar Revisi terbaru sesuai
SE No 14 th 2019, Kemendikbud RI," penjelasan Heny Listyaningsih.

Disampaikan pula, giat “simulasi” (PEMILOS) Pemilihan Organisasi Intra Sekolah, hanyalah sebagi awal pengenalan (P5) Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, tema “Suara Demokrasi”, kurikulum “MERDEKA”, yang nantinya diharapkan siswa/ peserta didik, “Wajib Hafal Pancasila” untuk seluruh siswa/ peserta didik kelas 7 (tujuh) SMP Negeri 2 Pracimantoro, yang nanti sekaligus akan mengisi konten “Belajar itu indah” di Youtube channel #BK_Konselor, SMP Negeri 2 Pracimantoro.

“Sebagai wujud pengenalan enam (6) Dasar Literasi pelan kita sama-sama belajar tentang ; 1. Literasi Baca Tulis, 2. Literasi Numerasi, 3. Literasi Sains, 4. Literasi Finansial, 5. Literasi Digital dan 6. Literasi Budaya dan Kewargaan, bukan belajar untuk pelajar tapi bersama, kami juga para pengajar," tutur guru BK. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top