Mahasiswa KKN UNISRI Kelompok 18 Ajak UMKM Bangkit dari Pandemi Melalui Digital Marketing

Print Friendly and PDF

Mahasiswa KKN saat memberi pelatihan digital marketing. 

Mahasiswa KKN UNISRI Kelompok 18 Ajak UMKM Bangkit dari Pandemi Melalui Digital Marketing 

Solo- majalahlarise.com -Pandemi  Covid 19 telah merubah kebiasaan masyarakat. Banyak hal yang awalnya dilakukan secara luring beralih menjadi daring. Langkah pencegahan Covid 19 dengan berdiam di rumah turut memberikan dampak terhadap berbagai sektor salah satunya terhadap UMKM. Seperti yang dirasakan oleh UMKM milik Bu Yatmi. Bu Yatmi adalah produsen UMKM serbuk minuman rempah-rempah yang berada di desa Munggur, Mojogedang, Karanganyar. Usaha serbuk minuman rempah-rempah Bu Yatmi telah diproduksi sejak tahun 2015. Selama ini dalam memasarkan produknya, Bu Yatmi hanya mengandalkan berjualan secara langsung di toko dan masyarakat sekitar. Akibat pandemi dan pembatasan masyarakat, pendapatan Bu Yatmi dari penjualan serbuk minumanpun berkurang. 

Agung salah satu peserta KKN UNISRI 2022 kelompok 18 di desa Munggur, kecamatan Mojogedang, kabupaten Karanganyar tergerak untuk memberikan motivasi kepada UMKM milik Bu Yatmi agar bangkit dari pandemi Covid 19 melalui digital marketing. 

Menurut Agung, Marketing adalah jantung dari sebuah usaha atau bisnis. Jika jantung itu kurang sempurna maka akan berpengaruh pada tidak masimalnya laba. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 7 Agustus 2022 dalam bentuk sosialisasi. 

"Bahwa digitalisasi marketing pada masa pandemi ini sangat penting untuk dilakukan, karena masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya di dunia internet dan kedepan tentu hal ini merupakan langkah strategi yang adaptif terhadap berkembangnya teknologi yang pesat dan berkemajuan", ujar Agung. 

Sosialisasi dilakukan secara sederhana dan materi disampaikan secara ringkas agar mudah dipahami dan diaplikasikan oleh UMKM serbuk minuman rempah-rempah Bu Yatmi. Materi disampaikan mulai dari pengenalan apa itu digital marketing, manfaat, tata cara melakukan digital marketing dan beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam melakukan pemasaran digital. 

Agung sebagai peserta KKN UNISRI berharap UMKM di desa Munggur dapat bangkit dari keterpurukan pandemi Covid 19 dan dapat beradaptasi terhadap perkembangan teknologi dalam hal ini paling utama adalah marketing.

Sosialisasi pada UMKM ini mendapat respon baik dari Bu Yatmi selaku pemilik usaha. "Saya merasa terbantu dan berterimakasih atas sosialisasi yang disampaikan. Sosialisasi tersebut memantik saya untuk mencoba memasarkan produk melalui digital. Materi yang disampaikanpun jelas sehingga saya mudah memahaminya", ujar Bu Yatmi. (Sofyan) 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top