Mahasiswa KKN Unisri Edukasi Siswa Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Print Friendly and PDF

Mahasiswa Unisri saat mengedukasi anak-anak perilaku hidup bersih dan sehat.


Mahasiswa KKN Unisri Edukasi Siswa Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Karanganyar- majalahlarise.com -KKNT MBKM Universitas Slamet Riyadi Surakarta dengan tema Unisri Berkontribusi Dalam Kebangkitan Pasca Pandemi dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2022 sampai dengan 31 Agustus 2022. Kelompok 29 ditempatkan di Desa Kragan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. Dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Muadz, S.Sn., MA.

Masa pasca pandemi saat ini banyak masyarakat sudah mulai melupakan kebersihan dan kesehatan khususnya pada peserta didik. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat merupakan sekumpulan perilaku dari warga sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, PHBS perlu di sosialisasikan agar mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat.

Pada hari Senin, 8 Agustus 2022 mahasiswa KKNT MBKM Universitas Slamet Riyadi Surakarta mengadakan sosialisasi mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di SDN 01 Kragan, Gondangrejo, Karanganyar pada kelas 3, 4 dan 5 dengan jumlah 10 peserta didik. 

"Kegiatan ini diutamakan agar peserta didik dapat menjaga kebersihan serta kesehatan guna mencegah penyakit di masa pasca pandemi. Kegiatan tersebut meliputi pengertian mengenai PHBS, upaya upaya yang dilakukan dalam PHBS, manfaat PHBS serta 6 langkah cuci tangan dengan baik dan benar," terang Maria Citra Anindya.

Wali kelas V ibu Siti Markamah mengungkapkan untuk anak-anak yang sudah diberitahu tentang PHBS sudah bagus dan semoga diterapkan untuk menjaga kesehatan.

Salah satu peserta didik yang bernama Haikal duduk di kelas V mengungkapkan sudah bisa melakukan 6 langkah mencuci tangan dengan baik dan benar dengan air yang mengalir serta sabun.

Sehingga sosialisasi mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SDN 01 Kragan, Gondangrejo, Karanganyar sudah terlaksana dengan baik, peserta didik sudah memahami mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dengan baik dalam masa paska pandemi ini. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top