Mahasiswa KKN Unisri Adakan Lomba Kreativitas Anak SD Menggunakan Barang Bekas

Print Friendly and PDF

Anak-anak membuat kerajinan dari barang bekas.


Mahasiswa KKN Unisri Adakan Lomba Kreativitas Anak SD Menggunakan Barang Bekas 

Karanganyar- majalahlarise.com -Bangsa Indonesia setiap tahunnya memperingati Hari Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus. Kegiatan yang biasa dilakukan untuk memperingatinya adalah menyelenggarakan beragam lomba. Salah satunya yaitu Memanfaatkan barang bekas merupakan suatu kegiatan hiburan dan melatih kemampuan anak-anak untuk berkreativitas dalam berimajinasi. Banyak anak-anak yang menganggap perlombaan ini merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. 

Merupakan hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan). Kerajinan yang dibuat biasanya terbuat dari berbagai bahan. Dari kerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda seni maupun barang pakai. Biasanya istilah ini diterapkan untuk cara tradisional dalam membuat barang-barang.

Kerajinan tangan bisa terbuat dari barang - barang bekas seperti botol bekas, kardus, dan plastik makanan. Arti yang lain ialah usaha yang berterusan penuh semangat ketekunan, kecekalan, kegigihan, dedikasi dan berdaya maju dalam menciptakan suatu kreativitas.

Kerajinan Tangan bisa disebut juga suatu kegiatan dalam menciptakan suatu bentuk produk yang dominan menggunakan tangan manusia, yang sangat minim dalam penggunaan mesin atau alat otomatis. Hal yang lumrah dalam pembuatan kerajinan tangan adalah mengangkat suatu nilai dari bahan atau barang yang tidak layak pakai (barang bekas), sehingga memiliki fungsi untuk kehidupan dan tentunya bernilai ekonomis.

Kampus Universitas Slamet Riyadi Surakarta melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) “UNISRI Berkontribusi Dalam Kebangkitan Pasca Pandemi” di Dusun Sanggrahan,Wonorejo Kec. Gondangrejo Kab. Karanganyar. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari kelompok 76 yaitu Dr. Herning Suryo Sarjono, M. Si. dengan mahasiswa Diana Agustin melaksanakan salah satu program kerja individu yaitu lomba kreativitas menggunakan barang bekas di SDN 03 WONOREJO.

"Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan dan memeriahkannya, saya mengadakan kegiatan “Peringatan HUT Kemerdekaan ke-77” di SDN 03 WONOREJO. Kegiatan ini dimaksudkan untuk lebih mengingat jasa-jasa pahlawan sekaligus mempererat hubungan antar murid SDN 03 WONOREJO," terang Diana Agustin.

Dalam perlombaan kreativitas menggunakan barang bekas terlebih dahulu dimulai dengan mengarahkan atau mengajari cara memanfaatkan barang bekas yang baik dan mengenalkan macam-macam kreativitas kepada anak-anak. Selain itu perlu diajarkan juga cara pemilihan warna yang tepat untuk mewarnai kerajinan yang dibuat. Sesuai dengan tema nuansa minggu ini yaitu tema Peringatan HUT Kemerdekaan ke-77.

Di akhir perlombaan diadakan penjurian, dan masing-masing murid mendapatkan hadiah sesuai dengan juara yang mereka raih. Antusias anak-anak dalam mengikuti perlombaan ini sangat luar biasa. 

"Harapan saya semoga dengan adanya kegiatan lomba ini, murid-murid SDN 03 WONOREJO semakin berani berekspresi dalam memanfaatkan barang bekas agar dapat menjadi barang layak pakai. (Sofyan)




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top