Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Univet Bantara Dibekali Ilmu Periklanan Media Sosial

Print Friendly and PDF

Aryanto Widyatmono (Pengusaha makanan tradisional ampyang brand Groemyang) saat menyampaikan materi. 

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Univet Bantara Dibekali Ilmu Periklanan Media Sosial

Sukoharjo- majalahlarise.com -Mahasiswa semester dua Program Studi Ilmu Komunikasi mendapatkan pembekalan ilmu Periklanan Media Sosial dengan menghadirkan pemateri Aryanto Widyatmono (Pengusaha makanan tradisional ampyang brand Groemyang) dan Sri Utami (Pelaku Digital Marketing/ Mahasiswa Aktif 2017 Ikom FISIP Univet). Bertempat di Gedung D Lantai 2 FISIP. Selasa (12/7/2022).

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, Henny Sri Kusumawati, S.Sos, M.I.Kom dalam sambutan pembukaan workshop menyampaikan melalui workshop periklanan media sosial ini nantinya mampu menghantarkan mahasiswa meraih masa depan dan mengeksplor potensi yang dimiliki menghadapi masa depan.

“Workshop ini diharapkan sesuai capaian lulusan di program studi Ilmu Komunikasi yaitu mencetak mediapreneur. Selain itu, dengan menghadirkan dua narasumber yang berkompeten ini mahasiswa bisa menjadi penerus bibit unggul bisa seperti beliau,” ungkapnya.

Sri Utami (Pelaku Digital Marketing/ Mahasiswa Aktif 2017 Ikom FISIP Univet) saat memaparkan materi. 

Baca juga: Anggota Muda Mapala Arcapada Unisri Berhasil Meraih Mimpi Berdiri di Top Tebing Jambi

Dekan FISIP Univet Bantara Dr. Yoto Widodo, M.Si mengatakan selama ini Prodi Ilmu Komunikasi FISIP telah menyelenggarakan banyak kegiatan workshop dengan peserta mahasiswa semester dua, empat, enam. “Mudah-mudahan dengan pembekalan ilmu yang diberikan dari narasumber ini bisa menambah ilmu, tidak ragu-ragu ketika lulus dan bekerja. Disamping jadi sarjana ilmu komunikasi juga memiliki nilai tambah dengan ketrampilan,” harapnya.

Di tempat yang sama, dosen mata kuliah periklanan Drs. Joko Suryono, M.Si menuturkan mahasiswa setelah menerima materi dari narasumber tentang membuat iklan di media sosial diharapkan mereka membuat iklan prodi ilmu komunikasi FISIP Univet Bantara dalam bentuk visual, video maupun audio visual minimal dimuat di empat media sosial.

“Karya pembuatan iklan media sosial ini dilombakan dengan total hadiah 1,5 juta rupiah terbagi juara 1, 2, 3 dan 4 dengan batas waktu pengumpulan karya sudah di upload di media sosial tanggal 15 Juli 2022,” terangnya. 

Sementara itu, pemateri Aryanto Widyatmono memaparkan materi tentang interaksi media sosial sebagai sarana pemasaran di jaringan online. Hadirnya media sosial saat ini seperti face book, instagram, tik tok, youtube, wordpress, blog, telegram, line, whatshapp dan sebagainya merupakan sarana mempresentasikan diri untuk saling berinteraksi menjalin kerjasama, berbagi, berkomunikasi, membentuk ikatan sosial dan menguatkan hubungan secara jaringan online. Selain itu dapat digunakan sebagai sarana promosi produk kepada orang banyak secara global tidak mengenal batas wilayah atau negara yang dapat diakses dimana saja selama ada jaringan internet.

“Dalam beriklan di media sosial yang harus diperhatikan yaitu tampilan visual harus kontras, gambar bercerita, sederhana, menimbulkan penasaran, mengikuti trend dan menghibur. Untuk mendesain visual sekarang paling mudah menggunakan canva. Kalau menggunakan canva ada kelemahan yaitu tidak bisa ekspresi sesuai keinginan kita,” ujarnya.

Pemateri Sri Utami menjelaskan dalam digital marketing yang harus diperhatikan diantaranya konten harus terkonsep sebelum diupload, sesuai target pangsa pasar calon konsumen pemakai produk berdasarkan usia yang dapat menghemat biaya beriklan. Selain itu penggunaan digital merketing memiliki jangkauan luas sehingga produk bisa tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

“Dalam perusahaan sudah ada tim Digital Marketing yang memahami tentang produk, pelanggan, promosi, tim pemasaran dan analisis. Ketika melakukan promosi di media sosial sudah terjadwal konten apa saja yang siap di upload. Selain itu dalam pembuatan konten penjualan tidak hanya memberikan give away tetapi konten edukasi seperti teknik atau cara merawat produk,” paparnya. (Sofyan)


Baca juga: Gudang Masak Dhuafa (GMD) Solo Bagikan 1500 Paket Daging Qurban Super Berkah


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top