Sebelum Magang Kuliah Kerja Komunikasi, Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UNIVET Dibekali Manner dan Lolos Interview

Print Friendly and PDF

Narasumber Mas Sulis Setiyono saat menjelaskan pakaian yang pas dikenakan saat interview kerja.

 

Sebelum Magang Kuliah Kerja Komunikasi, Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UNIVET Dibekali Manner dan Lolos Interview

Sukoharjo- majalahlarise.com -Mahasiswa semester enam Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Veteran Bangun Nusantara  (Univet Bantara) Sukoharjo mengikuti workshop bertajuk "Good Manner Good Job" menghadirkan Trainer Public Speaking dan Exellence Servise Mas Sulis Setiyono, S.Pd, M.Hum. Bertempat di ruang 1 Gedung FISIP Lantai 2. Kamis (9/6/2022).

Dekan FISIP Univet Bantara, Dr. Yoto Widodo, M.Si menyampaikan workshop Good Manner Good Job merupakan salah satu rangkaian soft skill yang diberikan dari program studi dan fakultas untuk mahasiswa di prodi Ilmu Komunikasi dalam mempersiapkan mahasiswa memiliki attitude atau sikap. Sehingga pada saat nanti lulus mencari kerja lancar berbicara dan bersikap baik.

"Harapannya setelah mahasiswa lulus bisa melamar pekerjaan dan mengikuti wawancara dalam seleksi kerja lancar dan memiliki sikap yang sopan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Henny Sri Kusumawati, S.Sos, M.I.Kom menuturkan kegiatan workshop ini diproyeksikan sebagai kegiatan bagi mahasiswa semester enam untuk persiapan pra kerja atau magang kuliah kerja komunikasi (K3).

Baca juga: Murid SD Muhammadiyah PK Kottabarat Isi Jeda Penilaian Akhir Tahun dengan Olahraga Pilihan

"Kita akan kembangkan kerjasama MoU dengan instansi terkait ada sertifikat bisa jadi ijasah plus di workshop ini. Sertifikat ini ada lisensi yang menjelaskan mahasiswa peserta magang punya kapasitas dalam hal ini diakui instansi yang memang kompeten mengurusi manner performer," jelasnya.

Narasumber Mas Sulis Setiyono mengatakan selama workshop mahasiswa mengeksplorasi dan belajar tentang proses interview atau wawancara magang atau kerja. Apa yang dilakukan selama interview, etika interview bahkan pertanyaan-pertanyaan yang menjebak saat interwiew.

"Materi lebih fokus pada attitude, manner atau sopan santun saat di dunia kerja. Meskipun mahasiswa baru magang tetap kita latih dari sekarang seolah-olah di dunia pekerjaan. Dengan materi ini mahasiswa punya pandangan planing apa yang harus dilakukan nanti ketika mereka sudah di ranah tempat kerja," ujarnya.

Disampaikan pula materi tentang tingkah laku di public area atau tempat umum. Sebab nantinya mahasiswa ketika bekerja akan ditugaskan di lapangan tidak hanya di kantor harus mengenal sopan santun di lapangan.

"Sopan santun di area umum contohnya di lift, di tempat transportasi umum atau di toilet ada peraturan agar menjaga sopan santun. Mereka akan membawa nama baik perusahaan tempat magang atau kerja," ungkapnya.

Dijelaskan pula, kunci keberhasilan saat interview magang atau kerja yang harus dikuasai bagi mahasiswa yaitu memahami posisi kerja, ketahui tentang perusahaan, ketahui pewawancara, siapkan pertanyaan, ketahui etika wawancara, latihan wawancara, persiapkan outfit, perhatikan waktu, dan tenang.

"Untuk mengetahui pewawancara bagi perusahaan yang besar biasanya dalam surat panggilan dicantumkan. Jika tidak ada mengetahui pewawancara harus mengetahui karakter pewawancara," ungkapnya. (Sofyan)


Baca juga: 57 Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNIVET Dicetak Menjadi Ekportir Muda Ke 8 Negara Bersama Shopee


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top