OPTIMALISASI INSTAGRAM BK SPENDUSO UNTUK LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Print Friendly and PDF

OPTIMALISASI INSTAGRAM BK SPENDUSO UNTUK LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Oleh : Ayu Ardila, S.Pd.

Guru Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 2 Somagede, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah

Ayu Ardila, S.Pd.


       Teknologi pembelajaran akan terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan jaman. Bahkan dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari kita sering menjumpai adanya pemanfaatan dari perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan, seperti yang sering dilakukan oleh pendidik yaitu mengkombinasikan alat teknologi dalam proses pembelajaran.

       Dengan adanya teknologi informasi di dunia pendidikan dapat meruntuhkan jarak antara tenaga pengajar dan pelajar. Teknologi informasi menawarkan cyber teaching atau pengajaran maya, dimana proses pengajaran dilakukan melalui internet. Hal inilah yang dilakukan oleh Penulis selaku Guru Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 2 Somagede.

       Salah satu media sosial yang banyak diminati oleh masyarakat yaitu media sosial instagram. Menurut Rahmawati (2016:6) “Instagram adalah aplikasi layanan berbagi foto yang memungkinkan pengguna untuk berfoto dan memberi filter lalu menyebarluaskannya dijejaring sosial, termasuk milik instagram sendiri.” Menurut Scissons dkk (2015:5) mengatakan “Instagram is an online mobile photo sharing, video sharing, and social networking service that enables its user to take pictures and videos. Users can also share on a variety of other social networking platforms such as facaebook and twitter.” Rahmawati (2016:32) mengatakan “Instagram adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membagi-bagikan foto dan video”. Ghazali (2016:8) berpendapat bahwa “Instagram sebagai aplikasi untuk menghantarkan maklumat dengan cepat, yaitu dalam bentuk foto dalam bentuk menguruskan foto, mengedit foto dan berkongsi rangkaian sosial yang lain.”

       Jadi dapat disimpulkan bahwa media sosial instagram merupakan suatu aplikasi untuk membagikan foto atau video dan memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter serta membagikannya ke akun media sosial lainnya.

       Instagram dapat digunakan dengan smart phone canggih diantaranya di iphone, ipad atau ipod yang touch versi apapun dengan sistem operasi iOS 7.0 atau yang terbaru dan dari berbagai macam telepon genggam android apapun dengan sistem operasi versi 2.2 ke atas, dan windows phone 8. Aplikasi ini dapat diunggah dan diambil melalui google play dari versi android.

       Tanpa disadari dengan adanya fasilitas yang diberikan instagram dapat memberikan pengaruh dan manfaat pada dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran, untuk manfaatnya bagi dunia pendidikan yaitu remaja dapat menambah pengetahuan dan juga informasi yang dapat merangsang kreativitasnya selain itu juga bermanfaat untuk mempublikasikan hasil kreativitasnya, misalnya dengan mengupload foto atau gambar dan juga video hasil kreativitasnya.

       Menurut Rahmawati (2016:32) menjelaskan fitur-fitur media sosial instagram yaitu “Followers, upload foto, kamera, efek foto, judul foto, arroba, geotagging, jejaring sosial, tanda suka, popular”. Menurut Zaenal (dalam Nur, 2017:26) mengungkapkan “Adapun manfaat yang di peroleh dari penggunaan media sosial yaitu, dapat berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang lain, sebagai media informasi, sebagai media berbagi, tempat promosi usaha, dan hiburan”. Menurut Juju dan Sulianta (dalam Nur, 2017:26) mengatakan “Manfaat media sosial bagi penggunanya adalah bersilaturahmi dengan teman lama ataupun keluarga, berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang lain, sebagai tempat berbagi, mencari informasi, sebagai tempat berbisnis”. Menurut McQuail (1989:72) mengatakan “Motif Penggunaan media sosial yaitu informasi, identitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial, hiburan”.

       Saat ini banyak sekali hasil kreativitas remaja yang di unggah ke dalam akun instagram mereka misalnya saja seperti foto, video, gambar, poster dan juga meme-meme atau komik-komik lucu hasil dari kreativitasnya. Dengan adanya media sosial instagram ini juga remaja dapat memperoleh ide yang kreatif cara belajar ketika dirumah maupun di sekolah.

       Berdasarkan hasil observasi pada Maret tahun 2022 yang dilakukan di SMP Negeri 2 Somagede menunjukkan bahwa 66% dari siswa menggunakan media sosial instagram bukan hanya sebagai sarana hiburan, bergaya, mencari teman dan mengikuti perkembangan teknologi saja namun juga digunakan sebagai sarana untuk memperoleh informasi dan juga sebagai sarana untuk merangsang kreativitas melalui gambar dan juga video yang mereka lihat di akun media sosial instagram mereka.

       Dengan demikian Penulis selaku Guru BK mencoba memanfaatkan media sosial instagram dalam pemberian layanan bimbingan konseling. Penulis menyadari betul bagaimana peluang pembelajaran melalui media instagram ini. Dapat dilihat perkembangan dari akun instagram @bk_spenduso yang saat ini sudah menyentuh 201 followers. Perkembangan akun BK SMP Negeri 2 Somagede dapat dikatakan tergolong cepat meskipun belum lama dibuat. Wajar karena konten yang disajikan juga sangat menarik bagi peserta didik. Konten yang disajikan seperti Tips Menjalani Hari Dengan Semangat, 6 Cara Mengatasi Stres, Ayo Belajar Manajemen Waktu dan sebagainya.

       Dan ternyata penggunaan Instagram sebagai salah satu media untuk pemberian layanan bimbingan dan konseling dirasa cukup efektif dan menyenangkan untuk siswa. Hal ini dipengaruhi karena Instagram adalah aplikasi media sosial yang cukup sering diakses dan banyak dimiliki oleh siswa. Selain itu, fitur yang dimiliki  juga semakin banyak dan lengkap. Siswa dengan sukarela mengakses Instagram lebih sering dari platform pembelajaran lain. Sehingga ketika guru berbagi informasi, kabar atau materi, banyak siswa yang membaca meskipun itu hanya sekilas.

Dasbor Instagram BK SMP Negeri 2 Somagede



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top