Prodi DKV ISI Surakarta Tambah Satu Doktor Baru Lewat Disertasi Konsep Urun Daya Rancang Grafis

Print Friendly and PDF

Taufik Murtono, S.Sn., M.Sn saat foto bersama usai ujian disertasi.

Prodi DKV ISI Surakarta Tambah Satu Doktor Baru Lewat Disertasi Konsep Urun Daya Rancang Grafis

Solo- majalahlarise.com -Dengan disertasi berjudul Konsep Perancangan Dari Praktik Komunitas Urun Daya Rancang Grafis : Studi Beberapa Wilayah di Indonesia, oleh Taufik Murtono, S.Sn., M.Sn  dipresentasikan di depan tim dosen penguji secara blended. Melalui pelaksanaan Ujian Doktor Terbuka yang diselenggarakan di Ruang Seminar Paska Sarjana ISI Surakarta pada Senin, 21 Maret 2022 yang dihadiri oleh pimpinan kampus, dekanat, jurusan, program studi dan kolega menjadi saksi proses ujian terbuka tersebut. 

Disertasi ini menghasilkan konsep rancang grafis berdasarkan pengalaman orang lain yang dijabarkan melalui beberapa aspek, yaitu dasar pemikiran toleransi, intersubjektivitas, infinitas, dan sensitivitas, selanjutnya berupa prinsip perancangan, merancang, perancang, dan pengguna berdasarkan pergeseran makna, yang ketiga berupa metode perancangan berbasis pengalaman orang lain dengan langkah orientasi, familiarisasi, investigasi, curah gagasan, eksperimentasi, evaluasi, dan produksi. 

Selaku Promotor yaitu Prof. Dr. Santosa, S.Kar., M.Mus., M.A, kemudian sebagai Kopromotor 1 yaitu Dr. Didit Widiatmoko Soewardikoen, M.Sn dan Kopromotir 2 yaitu Prof. Dr. Drs. Guntur, M.Hum yang membimbing selama proses penyusunan disertasi yang telah melewati Ujian Tertutup pada 24 Januari 2022. 

Dengan demikian Prodi DKV FSRD ISI Surakarta menambah satu dosen dengan predikat Doktor, dimana sudah ada 3 (tiga) Doktor sebelumnya, sehingga bisa meningkatkan kinerja civitas akademik agar lebih berkembang kedepannya dengan penambahan dosen bergelar doktor. 

Dengan hasil disertasi diharapkan dapat memperkaya kajian mengenai konsep perancangan desain komunikasi visual berupa konsep urun daya rancang grafis yang berkembang di beberapa wilayah di Indonesia. 

Menurut Asmoro Nurhadi Panindias S.Sn, M.Sn selaku Kaprodi DKV sangat bangga dengan kelulusan Taufik Murtono dan menambah jumlah doktor yang ada di prodi sehingga SDM yang bergelar doktor sebanyak 4 dosen dari sepuluh dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta. (Sofyan)


Baca juga: Pendiri dan Sesepuh Univet Bantara H. Soeroso BA, Teruskan Cita-Cita Pendiri Membangun Nusantara


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top