Mahasiswa KKN Univet Bantara Ikut Berpartisipasi di Posyandu Lansia

Print Friendly and PDF

Inayah Romita Diani berpartisipasi di posyandu lansia.

Mahasiswa KKN Univet Bantara Ikut Berpartisipasi di Posyandu Lansia

Sukoharjo- majalahlarise.com -Posyandu lansia merupakan sarana pelayanan untuk warga lanjut usia. Pembentukan dan pelaksanaannya dilakukan berdasarkan inisiatif masyarakat. Di posyandu lansia program yang telah dirancang umumnya dititikberatkan pada upaya penyuluhan dan pencegahan penyakit.

"Dalam kesempatan ini saya ikut berpartisipasi dalam posyandu Lansia dilaksanakan Kamis, 17 Februari 2022. Kegiatan ini diselenggarakan di Desa Ngoro-oro, Luwang, Gatak, Sukoharjo, Rt 2 Rw 3," terang Inayah Romita Diani.

Lebih lanjut dikatakan, tujuan dari kegiatan posyandu lansia ini adalah agar kelompok usia ini dapat mencapai kesejahteraan, baik secara fisik maupun psikis. Selain itu kegiatan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan komunikasi antar masyarakat lanjut usia.

Kegiatan posyandu lansia antara lain adalah memberikan penyuluhan kepada lansia mengenai makanan yang sehat dan bergizi, pengecekan tinggi badan, berat badan, lingkar pinggang, pemberian makanan tambahan dll. Posyandu lansia juga dapat memberikan rujukan ke Puskesmas apabila ada kondisi yang memerlukan pemeriksaan lanjutan. Selain itu di posyandu lansia juga diadakan kegiatan olahraga seperti senam untuk para lansia, namun kegiatan itu ditiadakan dikarenakan adanya PPKM.

Selain itu ada kegitan non kesehatan seperti arisan dan berkebun kegiatan non kesehatan ini juga dapat meningkatkan interaksi sosial dan menjadikan posyandu sebagai wadah lansia untuk berkegiatan. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top