Mahasiswa KKN Univet Laksanakan Program RCU dan Edukasi Cuci Tangan

Print Friendly and PDF

Dwi Yogo Cahyono saat memberi edukasi mencuci tangan yang benar pada anak.

Mahasiswa KKN Univet Laksanakan Program RCU dan Edukasi Cuci Tangan

Gunungkidul- majalahlarise.com -Dwi Yogo Cahyono, salah satu mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo melakukan kegiatan KKN Mandiri Periode 2 di lingkungan tempat tinggalnya, yang terletak di Rt 04, Rw 12 dusun Karangpoh kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan KKN dimulai sejak tanggal 1 Febuari tahun 2022 hingga 17 Maret 2022.

Dalam rangka kegiatan KKN Mandiri periode ke 2 ini, Yogo selaku mahasiswa KKN telah melakukan beberapa program kerja salah satunya yaitu RCU (Rumah Cerdas Univet) dibidang pendidikan dengan melakukan kegiatan jalan jalan santai sekaligus sekolah alam untuk anak anak SD dan melakukan pelatihan cara mencuci tangan yang baik dan benar bagi anak anak SD, yang dilakukan di lingkungan tepat tinggalnya di dusun Karangpoh, Rt 04/Rw 12 kecamatan Semin kabupaten Gunungkidul.

Kegiatan jalan jalan santai sekaligus sekolah alam ini dilakukan pada hari Sabtu, 26 Febuari 2022,  program ini dilakukan untuk kegiatan healing bagi anak anak yang mengalami kebosanan ketika belajar di rumah, jalan jalan sekaligus sekolah alam ditujukan agar anak anak dapat mengenal alam lebih dekat. Anak anak begitu antusias mengikuti kegiatan ini, hal ini dapat dilihat dari ketepatan hadir mereka.

Selain itu, antusias anak-anak dapat dilihat ketika dalam perjalanan menuju sawah salah satu anak mengatakan ingin membuat puisi tentang alam.

"Mas engko nek ning sawah gawe puisi tentang alam yo," ucap salah satu anak yang bernama Aulia. 

Selain kegiatan jalan jalan santai sekaligus sekolah alam, Yogo juga melakukan kegiatan pelatihan cara mencuci tangan yang baik dan benar bagi anak anak SD, yang dilakukan pada hari Sabtu 19 Febuari 2022, hal ini dilatar belakangi  karena masih minimnya pengetahuan anak anak SD mengenai cara mencuci tangan yang baik dan benar, apalagi di keadaan pandemi Covid - 19 ini.

"Pelatihan ini ditujukan agar anak-anak dapat mencuci tangan secara sempurna sehingga dapat meminimalisir terjadinya penularan virus Covid - 19," terang Yogo kepada majalahlarise.com. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top