Toni Ibrahim, Mahasiswa Unisri Magang DPMPTSP Kabupaten Karanganyar

Print Friendly and PDF

Toni Ibrahim saat magang kerja di DPMPTSP Kabupaten Karanganyar.

Toni Ibrahim, Mahasiswa Unisri Magang DPMPTSP Kabupaten Karanganyar

Solo- majalahlarise.com -Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta melaksanakan program Magang Kerja MBKM. Salah satunya Toni Ibrahim, mahasiswa semester 7 Program Studi Manajemen dengan Dosen Pembimbing Magang (DPM) Fabiani Rengganesti Suripto S.E., M.M melaksanakan magang kerja di kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Karanganyar terhitung sejak tanggal 1 November - 31 Desember 2021. 

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) merupakan lembaga yang memegang peranan dan fungsi strategis di bidang penyelenggaraan pelayanan perizinan terpadu Kabupaten Karanganyar.

Kegiatan yang dilakukan selama magang adalah membantu tugas - tugas di tiap bidang.  DPMPTSP Kabupaten Karanganyar mempunyai 4 bidang yang mempunyai tugas masing - masing. Bidang pertama adalah bidang P4 ( Pelayanan Perizinan Pemerintahan dan Pembangunan). Bidang yang kedua adalah bidang P3KR (Pelayanan Perizinan Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat). Bidang yang ketiga adalah Bidang Penanaman Modal, Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral dan bidang yang terakhir adalah sekretariat. 

"Saya membantu menginput data pemohon IMB ke dalam website www.simpel.karanganyarkab.go.id, membantu memasukan data profil pemilik usaha beserta jenis dan modal usaha yang tersedia ke dalam Ms. Word, mengarsip daftar surat pengaduan dari berbagai pihak kurun waktu 5 tahun terakhir yang masuk ke DPMPTSP Kabupaten Karanganyar ke dalam Ms. Excel, membantu mengantar surat undangan perihal adanya kegiatan tertentu ke beberapa instansi dinas maupun non dinas," terang Toni Ibrahim kepada majalahlarise.com.

Ditambahkan, Selain membantu tugas-tugas di 4 bidang tersebut, dirinya juga membantu bagian Front Office dalam hal menyambut tamu yang datang dengan ramah dan sopan, memasukan data tamu ke dalam satu laporan harian di buku tamu, melayani keperluan tamu, dan menerima surat masuk.

"Saya sangat senang dapat berkesempatan untuk magang kerja di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Karanganyar karena di kantor tersebut saya mendapat ilmu, wawasan dan pengalaman yang sangat banyak, di kantor saya dapat mengenal bapak kepala, staf dan karyawan lainya yang sangat baik dan ramah-ramah sehingga program magang berjalan dengan lancar dan menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan," ujarnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top