Unisri Gelar Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Kepribadian Bagi Calon Wisudawan periode II tahun 2021

Print Friendly and PDF

Praktik posisi duduk ketika wawancara kerja dipandu Febryan MD, SP.

Unisri Gelar Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Kepribadian Bagi Calon Wisudawan periode II tahun 2021

Solo- majalahlarise.com- Universitas Slamet Riyadi (Unisri) menggelar Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Kepribadian bagi calon wisudawan periode II tahun 2021 secara daring menghadirkan narasumber Dr. Sutoyo, M.Pd (Wakil Rektor bidang kemahasiswaan, alumni dan kerjasama), Febryan MD, SP (Model dan Motivator) dan Sarafuddin, S.Pd, M.Pd (Kepala UPT Unisri Career Center). Kamis (14/10/2021).

Wakil Rektor bidang kemahasiswaan, alumni dan kerjasama Unisri, Dr. Sutoyo, M.Pd mengatakan kegiatan ini untuk membekali calom wisudawan memiliki kepribadian yang baik, budipekerti yang santun sesuai nilai-nilai kepribadian bangsa. Selain itu dalam rangka menambah bekal dan wawasan terkait bagaimana yang harus dipersiapkan lulusan dalam menghadapi dunia kerja.

“Setelah lulus dari perguruan tinggi, para lulusan dihadapkan pada tiga pilihan dalam menjalani hidup yaitu pertama pilihan melanjutkan pendidikan dari S1 ke S2. Kedua mencari pekerjaan sesuai bidang ilmu yang telah dipelajari di perguruan tinggi atau sesuai passion yang dimiliki. Ketiga bekerja mandiri menjadi wirausaha karena di Unisri ada UKM Wirausaha yang sewaktu kuliah mahasiswa sudah memiliki usaha setelah lulus tinggal melanjutkan berwirausaha,” terangnya.

Lebih lanjut, Dr. Sutoyo berharap lulusan dari Unisri menjadi lulusan yang sukses dalam keluarga dan karir. Karena sukses membangun keluarga merupakan kunci utama sukses di bidang yang lain. Maka perlu pengembangan kepribadian lulusan yang nantinya jadi kepala keluarga yang baik bisa asah, asih, asuh.

“Dalam berkarir kunci suksesnya yaitu punya jiwa pengemudi bukan jiwa penumpang paham tanggungjawab dan tujuan. Punya jiwa pemberani bukan penakut yang berani menegakkan kebenaran menghadapi tantangan global sehingga jadi pemenang di globalisasi dan menjadi orang yang selalu bersyukur serta bekerja dengan landasan ibadah,” jelasnya.

Baca juga: Semarak Bulan Bahasa, Guru SD Muh PK Kottabarat Ditantang Membuat Alat Peraga Pembelajaran

Sementara itu, narasumber Febryan MD, SP menjelaskan tentang bagaimana mempersiapkan diri ketika melakukan tes wawancara lamaran pekerjaan, menyusun CV dan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar.

“Sebelum wawancara harus dipersiapkan dengan baik. Hal yang diperhatikan penampilan yang baik dari model rambut sampai pakaian. Datang tepat waktu pelajari situasi. Sampaikan data diri secara obyektif menjaga tatap muka, pandangan kontak mata harus fokus dan suara yang jelas. Selain itu diperhatikan posisi tubuh saat duduk dan sebelum masuk ruangan wawancara,” terangnya.

Selain itu, yang perlu dikuasai soft skill pelamar di era saat ini yaitu marketing digital, komunikasi yang baik dan efektif serta menguasai bidang konten kreator. “Untuk konten kreator minimal mengusai dasar-dasarnya seperti desain grafis menggunakan aplikasi desain yang sudah tersedia,” katanya.

Sedangkan narasumber, Sarafuddin, S.Pd, M.Pd menjelaskan tentang etika budaya dan tugas pokok dan fungsi dari UPT Unisri Career Center. “Etika harus tetap dipatuhi di manapun dan dalam situasi apapun baik dalam berkomunikasi maupun berinteraksi,” ujarnya. (Sofyan)


Baca juga: Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian Unisri Surakarta Kunjungan ke Balai Benih Tanaman Pangan



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top