TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Print Friendly and PDF

TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Oleh : Yenie Fitriana Dewi, S.Pd.SD

SD Negeri 2 Pokoh Kidul, Wonogiri Jawa Tengah

Yenie Fitriana Dewi, S.Pd.SD


       Transformasi pendidikan di Indonesia banyak mengalami kemajuan, terlebih lagi teknologi yang semakin canggih membantu jalannya perkembangan pendidikan. Penggunaan teknologi sudah membantu cara kita belajar dalam penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Di beberapa bangku pendidikan penggunaan teknologi menjadi sarana dalam penerapan mata pelajaran. Selain itu, sistem pendidikan di Indonesia juga mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan zaman. Setidaknya sistem pendidikan di Indonesia telah mengalami perubahan kurikulum sebanyak 10 kali terhitung dari tahun 1947. Perubahan kurikulum juga menyesuaikan alur perkembangan pendidikan di Indonesia.

       Pemerintah hingga saat ini telah berupaya untuk membangun pendidikan di Indonesia, langkah ini menunjukkan keseriusan pemerintah dalam mendukung pekembangan tekonologi pendidikan. Namun, masih banyak tugas pemerintah yang perlu dikerjakan untuk meningkatkan pelayanan pendidikan saat ini. Karena sistem dan saran pendidikan belum merata di beberapa wilayah Indonesia. Terutama di pelosok desa yang masih kurang dan minimnya tersedia sarana dan prasarana pendidikan yang ada. Perlu adanya perhatian khusus guna membangun pendidikan yang merata di seluruh wilayah Indonesia, agar tidak adanya kesenjangan bagi masyarakat.

       Sejalan dengan langkah tersebut,  perlu diimbangi dengan adanya peningkatan wawasan dan kesadaran masyarakat, terkhusus bagi pelaku di bidang pendidikan. Kualitas sumber daya tenaga pendidikan dengan meningkatkan kualitas pelatihan-pelatihan keterampilan diluar akademik. Pemerintah juga harus memfokuskan pada fasilitas yang masih belum merata, setidaknya pendidikan di Indonesia harus memiliki fasilitas yang cukup untuk menunjang kualitas pendidikan dan membantu perkembanggan pendidikan di Indonesia. Serta, kurikulum yang terlalu banyak memaksa para pelajar untuk menghafal materi tetapi hanya memberikan sedikit penjelasan perlu dibenahi.

       Seiring berkembangnya zaman, perkembangan teknologi saat ini memaksa kita untuk terus berkembang dan menyesuaikan keadaan yang ada. Di mana perkembangan teknologi yang semakin pesat sehingga segala aktivitas yang dilakukan tidak terlepas dari pengaruh teknologi didalamnya. Begitu pula dengan dunia pendidikan. Saat ini perkembangan teknologi sudah memasuki dunia pendidikan. Di mana teknologi tidak hanya memberikan pengaruh dan kontribusi besar terhadap dunia industri saja melainkan dunia pendidikan pun ikut serta di dalamnya. 

       Teknologi dalam dunia pendidikan telah memberikan berbagai inovasi yang dapat menunjang proses pembelajaran. Semakin banyaknya media pembelajaran yang digunakan saat ini merupakan bentuk dari perkembangan teknologi yang begitu pesat. Dunia pendidikan tidak hanya merupakan sarana bagi seorang guru dan murid dalam melakukan proses pembelajaran tetapi, dunia pendidikan juga dituntut untuk selalu dan senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan dalam proses pembelajaran yang dilakukan. Tidak hanya itu saja teknologi digital memiliki segudang manfaat terhadap dunia pendidikan. Di mana teknologi digital memiliki sudut pandang, serta perilaku manusia terutama dalam hal proses pembelajaran baik dalam tenaga pendidik maupun peserta terdidik. 

       Di era digital ini perkembangan teknologi ini bisa dikatakan berjalan begitu cepat sehingga menimbulkan berbagai dampak yang terjadi pada dunia pendidikan baik itu dampak positif maupun dampak negatif yang ditimbulkan. Dampak positif dari perkembangan teknologi terhadap dunia pendidikan seperti, mudahnya dalam mencari berbagai informasi yang sedang dibutuhkan, banyaknya inovasi dalam pembelajaran seperti inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan, banyaknya komunitas dari internet dapat memperluas relasi, munculnya berbagai metode pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Tidak hanya dampak positif yang ditimbulkan, di balik kemajuan teknologi informasi ternyata juga memiliki dampak negatif pada dunia pendidikan seperti, banyaknya informasi  yang tidak akurat (hoax) yang menimbulkan berbagai macam spekulasi dari berbagai pihak, banyaknya informasi menarik seputar game online yang dapat membuat peserta didik menjadi malas belajar, munculnya berbagai macam penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindakan kriminal, maraknya penyebaran pornografi di kalangan peserta didik yang akan merusak moral generasi muda jaman sekarang, teknologi informasi membuat pengaruh dari luar negeri masuk dengan sangat bebas dan sangat sulit dibendung. Hal inilah yang menimbulkan banyaknya pergaulan bebas di kalangan peserta didik.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top