Peringati Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda, SMAN 1 Pracimantoro Adakan Lomba Literasi dan Gelar Potensi

Print Friendly and PDF

Penyerahan hadiah lomba pada puncak acara literasi.


Peringati Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda, SMAN 1 Pracimantoro Adakan Lomba Literasi dan Gelar Potensi 

Wonogiri- majalahlarise.com -Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa dan Hari Sumpah Pemuda, Tim Gerakan Literasi SMAN 1 Pracimantoro mengadakan lomba literasi dan gelar potensi yang diikuti oleh peserta didik kelas X-XII.

Tema yang diangkat dalam lomba literasi tahun ini adalah  “Cinta Literasi dengan Peduli Lingkungan dan Semangat Berprestasi”. Lomba dilaksanakan selama empat hari, mulai tanggal 25-28 Oktober 2021 secara virtual yang diikuti oleh 19 kelas.

Lomba yang digelar yakni : Resensi Film Pendek, Cipta Puisi, Tik Tok, Stand Up Comedy, Desain Poster dan Reportase. Untuk lomba Cipta Puisi, Stand Up Comedy, Desain Poster dan Reportase diikuti oleh 2 peserta putra dan putri yang menjadi perwakilan kelas, untuk lomba Tik Tok masing-masing tim terdiri dari 5 peserta putra dan putri perwakilan kelas, sedangkan lomba Resensi Film Pendek diikuti oleh semua peserta didik yang tidak mengikuti lomba Cipta Puisi, Tik Tok, Stand Up Comedy, Desain Poster dan Reportase.

Untuk memberikan motivasi dan semangat kepada peserta didik, bapak/ ibu guru dan staf karyawan turut meramaikan kegiatan ini dengan membuat puisi tentang Peduli Lingkungan/ Semangat Berkreasi dan Berprestasi.

Salah satu tayangan video peserta lomba Tik Tok.

Berbeda dari tahun sebelumnya, untuk tahun ini rangkaian lomba literasi ditutup dengan penyerahan hadiah dan gelar potensi yang dapat disaksikan secara live streaming pada hari Jumat, 29 Oktober 2021.

Kepala SMA Negeri 1 Pracimantoro, Widodo, S.Pd., M.Pd dalam sambutan menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah mendukung dan menyukseskan kegiatan ini.

“Lomba literasi diharapkan dapat menggali dan mengembangkan potensi serta bakat seni di kalangan genersi muda, khususnya peserta didik SMA Negeri 1 Pracimantoro. Di samping itu, untuk kegiatan refreshing setelah peserta didik menyelesaikan Penilaian Tengah Semester,” terangnya.

Di akhir sambutan, pria yang akrab disapa pak Widodo  ini menyanyikan tembang Dandhang Gula hasil ciptaan sendiri yang disambut tepuk tangan bapak/ ibu guru dan karyawan serta para siswa yang hadir.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Choleta Surani, S.Pd. mengatakan kegiatan lomba literasi ini bertujuan untuk menumbuhkan potensi dan kreativitas seni dikalangan anak muda, sehingga bakatnya tersalurkan. Hal ini sekaligus digunakan mencari bibit baru untuk kegiatan lomba yang mewakili sekolah, seperti kegiatan FLS2N.

"Apresiasi yang tinggi kepada para peserta yang penuh semangat mengikuti lomba dengan menampilkan hasil karya yang luar biasa, terlebih untuk para nominator yang diundang ke sekolah. Diharapkan kegiatan lomba literasi ini dapat dilaksanakan untuk tahun selanjutnya karena banyak manfaat yang diperoleh melalui kegiatan ini," ujarnya.

Pada puncak acara literasi, para nominator masing-masing lomba diundang ke sekolah untuk menyaksikan pengumuman pemenang lomba sekaligus penyerahan hadiah kepada para juara 1, 2, dan 3. Setelah para pemenang lomba diumumkan, mereka menampilkan hasil kreasi mereka di hadapan bapak ibu guru dan karyawan serta disaksikan oleh peserta didik secara live streaming.

Akhirnya dari rangkaian lomba literasi selama empat hari, diperoleh para juara untuk lomba Resensi Film pendek : Juara 1 Aisyahrun Innayyah Resti Mawardani (XII MIPA 2), Juara 2 Shinta Nur Jayanti (XI MIPA 1), Astrida Nikmahtul Kharisma (XI MIPA 3). 

Juara Lomba Cipta Puisi : Juara 1 Muhammad Hanif Asyari (X IPS 2), Juara 2 Tajma Ayu Prameswari (XII MIPA 2), Juara 3 Nega Fitria Ratna Dewi (XI MIPA 2). 

Juara Tik Tok : Juara1 (X IPS 2), Juara 2 (XII MIPA 4), Juara 3 (XII MIPA 2), Juara Harapan 1. (XII MIPA 1), Juara Harapan 2 (XI MIPA 3), Juara Harapan 3 (X MIPA 1). 

Juara Lomba Desain Poster : Juara 1 Dias Ristian Apriyanto (XII MIPA 2), Juara 2 Winda Rohita (XII MIPA 2), Juara 3 Citra Aulia Nugraha (X IPS 3).

Juara Stand Up Comedy : Juara 1 Akhmad Fathiyakan Sunaryo (X IPS 2), Juara 2 Hendrik Yulianto (XI IPS 2), Juara 3 Fani Rahmadhani (XII MIPA 2). 

Juara Lomba Reportase : Juara 1 Panji setyadi/ Wahyu Sri Alfirah (XII MIPA 4), NovitaWulan/ Queen Halwaida (XII MIPA 3), Juara 3 Amelia Ayu/ Sekar Kedaton (XII MIPA 2). (Sofyan)






Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top