Dua Dosen Prodi Teknik Sipil Univet Bantara Dikukuhkan Sebagai Insinyur

Print Friendly and PDF

Dr. Ir. Sodikin, S.T., M.T.

Ir. Hendramawat Aski Safarizki, S.T., M.T. 


Dua Dosen Prodi Teknik Sipil Univet Bantara Dikukuhkan Sebagai Insinyur

Sukoharjo- majalahlarise.com -Dua dosen Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo yaitu Dr. Ir. Sodikin, S.T., M.T. dan Ir. Hendramawat Aski Safarizki, S.T., M.T. dikukuhkan sebagai insinyur oleh Program Profesi Insinyur Universitas Lambung Mangkurat (PPI ULM), Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Sabtu (2/10/2021) secara virtual. 

Ir. Hendramawat Aski Safarizki, S.T., M.T. saat dikonfirmasi usai acara pengukuhan menyampaikan dirinya bersama Dr. Ir. Sodikin, S.T., M.T dikukuhkan setelah menempuh Pendidikan Program Profesi Insinyur melalui jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Pada pengukuhan Insinyur kali ini Pogram Studi PII ULM Angkatan VII tahun 2021 meluluskan 40 insinyur.

Berdasarkan Undang-Undang No 11Tahun 2014, Pasal 1 Ayat (3) insinyur adalah seseorang yang mempunyai gelar profesi di bidang keinsinyuran. Program Profesi Insinyur sendiri dapat diikuti dalam bentuk regular atau dalam bentuk mekanisme Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), yaitu penilaian yang didasarkan pada pengalaman praktik keinsinyurannya. 

Dua orang dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Veteran Bangun Nusantara yang dikukuhkan pada hari ini dianggap mampu dan kompeten dalam melakukan kegiatan ke Insinyuran dengan di berikannya pengakuan gelar Profesi Insinyur.


Baca juga: Pajang Aneka Motif Tema Covid-19 Karya Mahasiswa Desain Mode dan Batik ISI Surakarta Sambut Peringatan Hari Batik

Pengukuhan Insinyur Pogram Studi PII ULM Angkatan VII tahun 2021 dihadiri oleh Jajaran Universitas Lambung Mangkurat yang diwakili oleh Dekan Fakultas Teknik ULM Dr. Bani Noor Muchamad, Ketua Program Studi PPI ULM  Prof. Ir. Chairul Irawan, S.T., M.T., Ph.D., IPM., Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia Dr. Ir. Heru Dewanto, ST, M.Sc.(Eng.), IPU, Ketua Bapel Program Profesi Insinyur Persatuan Insinyur Indonesia Dr. Ir. Arief Kusuma Among Praja, MBA., Direktur Eksekutif Persatuan Insinyur Indonesia Ir. Faizal Safa, M.Sc., IPU, Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Wilayah Kalimantan Dr. lr. Isradi Zainal, MT., MH., MM., CAAE, lPU, ASEAN.Eng, serta tamu undangan lainnya.

Pengukuhan dan Pembacaan Sumpah Insinyur dipimpin langsung oleh Ketua Umum PII Pusat Dr. Ir. Heru Dewanto, M.Sc. (Eng.), IPU. Selanjutnya pada kesempatan yang sama dilakukan pengambilan sumpah Insinyur dengan membaca kode etik profesi insinyur yang akan dipimpin oleh oleh Ketua Umum PII Pusat dan dibaca secara bersama oleh seluruh peserta pengukuhan profesi insinyur. Pada sambutannya Ketua Umum PII Pusat Dr. Ir. Heru Dewanto, M.Sc. (Eng.), IPU. menyampaikan peran dan tugas Insinyur Profesional dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Dengan adanya dosen bergelar Insinyur diharapkan kedepan Univet Bantara Sukoharjo khususnya prodi Teknik Sipil dapat berperan dalam pengembangan profesi insinyur seperti yang diamanatkan oleh undang undang keinsinyuran,” terang Hendramawat.

Lebih lanjut dikatakan, Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dilaksanakan selama1 semester yang kemudian direkognisi menjadi 24 SKS dengan matakuliah yang ditempuh Kode Etik dan Etika Profesi sebanyak 2 SKS; Profesionalisme 2 SKS; Keselamatan, Kesehatan dan Keamanan Kerja dan Lingkungan 2 SKS; Praktik Keinsinyuran 12 SKS; Studi Kasus 4 SKS; Seminar, Workshop, Diskusi 2 SKS.

“Menempuh Pendidikan Program Profesi Insinyur melalui jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) syaratnya  telah bergelar sarjana (S1) dari kelompok bidang insinyur dan telah berpraktik keinsinyuran,” ungkapnya. (Sofyan)


Baca juga: FISIP Univet Bantara Gelar PKKMB Fakultas Luring Terapkan Prokes Ketat



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top